Jaringan Komputer — Sebuah jaringan komputer atau jaringan data
adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer untuk bertukar data.
Dalam jaringan komputer, perangkat komputasi jaringan melewatkan data satu sama
lain sepanjang koneksi data (link jaringan). Data ditransfer dalam bentuk
paket. Hubungan antara node ditetapkan baik menggunakan media kabel atau media
nirkabel. Jaringan komputer yang paling terkenal adalah Internet.
Jaringan Komputer
Perangkat jaringan komputer yang berasal, rute mengakhiri data
disebut node jaringan. Node dapat mencakup host seperti komputer pribadi,
telepon, server serta perangkat keras jaringan. Dua perangkat tersebut
dikatakan jaringan bersama-sama ketika salah satu perangkat dapat bertukar
informasi dengan perangkat lain, apakah mereka memiliki koneksi langsung satu
sama lain.
Jaringan komputer berbeda dalam media transmisi yang digunakan
untuk membawa sinyal mereka, protokol komunikasi untuk mengatur lalu lintas
jaringan, ukuran jaringan, topologi dan niat organisasi. Dalam kebanyakan
kasus, protokol komunikasi yang berlapis pada (yaitu bekerja menggunakan)
protokol komunikasi yang lebih spesifik atau lebih umum lainnya, kecuali untuk
lapisan fisik yang secara langsung berhubungan dengan media transmisi.
Dukungan aplikasi jaringan komputer seperti akses ke World Wide
Web, penggunaan bersama aplikasi dan penyimpanan server, printer, dan mesin
fax, dan penggunaan email dan aplikasi instant messaging.
Sejarah Jaringan Komputer
Sebuah jaringan komputer, atau hanya jaringan, adalah kumpulan
komputer dan komponen perangkat keras lainnya dihubungkan oleh saluran
komunikasi yang memungkinkan berbagi sumber daya dan informasi. Pada 2015
jaringan komputer adalah inti dari komunikasi modern. Komputer mengontrol semua
aspek modern public switched telephone network (PSTN). Telepon semakin berjalan
lebih dari Internet Protocol, meskipun tidak selalu melalui Internet publik.
Ruang lingkup komunikasi telah meningkat secara signifikan dalam dekade
terakhir. Ledakan ini dalam komunikasi tidak akan mungkin terjadi tanpa
jaringan komputer semakin maju. Jaringan komputer, dan teknologi yang membuat
komunikasi antar komputer jaringan mungkin, terus mendorong perangkat keras,
perangkat lunak komputer, dan industri peripheral. Perluasan industri terkait
dicerminkan oleh pertumbuhan jumlah dan jenis orang yang menggunakan jaringan,
dari peneliti untuk pengguna rumahan.
Kronologi perkembangan komputer-jaringan yang signifikan
meliputi:
1.
Pada akhir 1950-an jaringan awal berkomunikasi komputer termasuk
sistem radar militer semi-otomatis Tanah Lingkungan (SAGE).
2.
Pada tahun 1959 Anatolii Ivanovich Kitov mengusulkan kepada
Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet rencana rinci untuk re-organisasi
kendali angkatan bersenjata Soviet dan ekonomi Soviet atas dasar jaringan pusat
komputasi.
3.
Pada tahun 1960 maskapai sistem reservasi komersial
semi-otomatis lingkungan penelitian bisnis (SABRE) pergi online dengan dua
mainframe yang terhubung.
4.
Pada tahun 1962 J.C.R. Licklider mengembangkan kelompok kerja
yang disebut “intergalaksi Computer Network”, sebagai awal dari ARPANET, di
Advanced Research Projects Agency (ARPA).
5.
Pada tahun 1964 peneliti di Dartmouth College mengembangkan
Sharing System Dartmouth Waktu untuk pengguna terdistribusi sistem komputer
besar. Pada tahun yang sama, di Massachusetts Institute of Technology, sebuah
kelompok penelitian yang didukung oleh General Electric dan Bell Labs
menggunakan komputer untuk rute dan mengelola sambungan telepon.
6.
Sepanjang tahun 1960, Leonard Kleinrock, Paul Baran, dan Donald
Davies dikembangkan sendiri sistem jaringan yang digunakan paket untuk
mentransfer informasi antara komputer melalui jaringan.
7.
Pada tahun 1965, Thomas Marill dan Lawrence G. Roberts
menciptakan wide area network pertama (WAN). Ini adalah pendahulu langsung ke
ARPANET, yang Roberts menjadi manajer program.
8.
Juga pada tahun 1965, Western Electric memperkenalkan telepon
beralih banyak digunakan pertama yang menerapkan kontrol komputer yang benar.
9.
Pada tahun 1969 University of California di Los Angeles,
Stanford Research Institute, University of California di Santa Barbara, dan
University of Utah menjadi terhubung sebagai awal dari jaringan ARPANET
menggunakan 50 kbit / s sirkuit.
10. Pada tahun 1972
layanan komersial menggunakan X.25 dikerahkan, dan kemudian digunakan sebagai
infrastruktur dasar untuk memperluas jaringan TCP / IP.
11. Pada tahun 1973,
Robert Metcalfe menulis memo resmi di Xerox PARC menggambarkan Ethernet, sistem
jaringan yang didasarkan pada jaringan Aloha, yang dikembangkan pada tahun 1960
oleh Norman Abramson dan rekan-rekannya di University of Hawaii. Pada bulan
Juli 1976, Robert Metcalfe dan David Boggs menerbitkan makalah mereka
“Ethernet: Distributed Packet Switching Jaringan Komputer Lokal” [4] dan
berkolaborasi pada beberapa paten yang diterima pada tahun 1977 dan 1978. Pada
tahun 1979 Robert Metcalfe dikejar membuat Ethernet standar terbuka.
12. Pada tahun 1976 John
Murphy dari Datapoint Corporation menciptakan ARCNET, token-passing jaringan pertama
digunakan untuk berbagi perangkat penyimpanan.
13. Pada tahun 1995
kapasitas kecepatan transmisi untuk Ethernet meningkat dari 10 Mbit / s hingga
100 Mbit / s. Pada tahun 1998, Ethernet mendukung kecepatan transmisi Gigabit
a. Kemampuan Ethernet untuk skala mudah (seperti cepat beradaptasi untuk
mendukung kecepatan baru kabel serat optik) merupakan faktor yang berkontribusi
terhadap terus menggunakan sebagai 2015.
Sifat Jaringan Komputer
Jaringan komputer dapat dianggap sebagai cabang dari teknik
elektro, telekomunikasi, ilmu komputer, teknologi informasi atau teknik
komputer, karena bergantung pada aplikasi teoritis dan praktis dari disiplin
ilmu terkait.
Sebuah jaringan komputer memfasilitasi komunikasi interpersonal yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi secara efisien dan mudah melalui email, instant messaging, chat room, telepon, telepon video, dan konferensi video. Menyediakan akses ke informasi pada perangkat penyimpanan bersama merupakan fitur penting dari banyak jaringan. Sebuah jaringan memungkinkan berbagi file, data, dan jenis-jenis informasi yang memberikan pengguna yang berwenang kemampuan untuk mengakses informasi yang tersimpan di komputer lain pada jaringan. Sebuah jaringan memungkinkan berbagi jaringan dan sumber daya komputasi. Pengguna dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang disediakan oleh perangkat pada jaringan, seperti mencetak dokumen pada printer jaringan bersama. Komputasi terdistribusi menggunakan sumber daya komputasi di jaringan untuk menyelesaikan tugas. Sebuah jaringan komputer dapat digunakan oleh Kerupuk komputer untuk menyebarkan virus komputer atau worm komputer pada perangkat yang terhubung ke jaringan, atau untuk mencegah perangkat ini mengakses jaringan (denial of service). Sebuah jaringan komputer yang rumit mungkin sulit untuk mengatur. Mungkin mahal untuk mendirikan sebuah jaringan komputer yang efektif dalam sebuah organisasi besar.
Sebuah jaringan komputer memfasilitasi komunikasi interpersonal yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi secara efisien dan mudah melalui email, instant messaging, chat room, telepon, telepon video, dan konferensi video. Menyediakan akses ke informasi pada perangkat penyimpanan bersama merupakan fitur penting dari banyak jaringan. Sebuah jaringan memungkinkan berbagi file, data, dan jenis-jenis informasi yang memberikan pengguna yang berwenang kemampuan untuk mengakses informasi yang tersimpan di komputer lain pada jaringan. Sebuah jaringan memungkinkan berbagi jaringan dan sumber daya komputasi. Pengguna dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang disediakan oleh perangkat pada jaringan, seperti mencetak dokumen pada printer jaringan bersama. Komputasi terdistribusi menggunakan sumber daya komputasi di jaringan untuk menyelesaikan tugas. Sebuah jaringan komputer dapat digunakan oleh Kerupuk komputer untuk menyebarkan virus komputer atau worm komputer pada perangkat yang terhubung ke jaringan, atau untuk mencegah perangkat ini mengakses jaringan (denial of service). Sebuah jaringan komputer yang rumit mungkin sulit untuk mengatur. Mungkin mahal untuk mendirikan sebuah jaringan komputer yang efektif dalam sebuah organisasi besar.
Paket Jaringan Komputer
Link komunikasi komputer yang tidak mendukung paket, seperti
link tradisional point-to-point telekomunikasi, hanya mengirimkan data sebagai
aliran bit. Namun, sebagian besar informasi dalam jaringan komputer dilakukan
dalam paket. Sebuah paket jaringan unit diformat data (daftar bit atau byte,
biasanya beberapa puluh byte untuk beberapa kilobita) dilakukan oleh jaringan
packet-switched.
Dalam jaringan paket, data diformat menjadi paket-paket yang
dikirim melalui jaringan ke tujuan mereka. Setelah paket tiba mereka disusun
kembali menjadi pesan aslinya. Dengan paket, bandwidth media transmisi dapat
lebih baik dibagi di antara pengguna daripada jika jaringan yang circuit
switched. Ketika salah satu pengguna tidak mengirimkan paket, link bisa diisi
dengan paket-paket dari pengguna lain, sehingga biaya dapat dibagi, dengan
relatif sedikit gangguan, disediakan link tidak berlebihan.
Paket terdiri dari dua jenis data: kontrol informasi dan data
pengguna (juga dikenal sebagai payload). Informasi kontrol menyediakan data
jaringan perlu memberikan data pengguna, misalnya: sumber dan alamat tujuan
jaringan, kode deteksi kesalahan, dan informasi sequencing. Biasanya, informasi
kontrol ditemukan dalam paket header dan trailer, dengan data payload di
antara.
Seringkali rute paket perlu mengambil melalui jaringan tidak
segera tersedia. Dalam hal paket yang antri dan menunggu sampai link gratis.
topologi jaringan Komputer
Tata letak fisik jaringan biasanya kurang penting dibandingkan
topologi yang menghubungkan node jaringan. Kebanyakan diagram yang
menggambarkan jaringan fisik karena itu topologi, bukan geografis. Simbol pada
diagram ini biasanya menunjukkan link jaringan dan node jaringan.
link jaringan Komputer
Media transmisi (sering disebut dalam literatur sebagai media
fisik) yang digunakan untuk menghubungkan perangkat untuk membentuk jaringan
komputer termasuk kabel listrik (Ethernet, HomePNA, komunikasi kabel listrik,
G.hn), serat optik (komunikasi serat optik), dan gelombang radio (jaringan
nirkabel). Dalam model OSI, ini pasti pada lapisan 1 dan 2 – lapisan fisik dan
lapisan data link.
Sebuah keluarga diadopsi secara luas media transmisi yang
digunakan dalam jaringan area lokal (LAN) teknologi secara kolektif dikenal
sebagai Ethernet. Standar media dan protokol yang memungkinkan komunikasi
antara perangkat jaringan over Ethernet didefinisikan oleh IEEE 802.3. Ethernet
mentransmisikan data melalui tembaga dan kabel serat. Standar Wireless LAN
(misalnya yang didefinisikan oleh IEEE 802.11) menggunakan gelombang radio,
atau orang lain menggunakan sinyal inframerah sebagai media transmisi.
Komunikasi Power line menggunakan bangunan pemasangan kabel listrik untuk
mengirimkan data.
Teknologi Wired
Perintah teknologi kabel berikut, kira-kira, dari paling lambat ke kecepatan transmisi tercepat :
Perintah teknologi kabel berikut, kira-kira, dari paling lambat ke kecepatan transmisi tercepat :
1.
Kabel Coaxial banyak digunakan untuk sistem televisi kabel,
bangunan kantor, dan pekerjaan-situs lain untuk jaringan area lokal. Kabel
terdiri dari tembaga atau aluminium kawat dikelilingi oleh lapisan isolasi
(biasanya bahan yang fleksibel dengan konstan dielektrik yang tinggi), yang itu
sendiri dikelilingi oleh lapisan konduktif. Isolasi membantu meminimalkan
gangguan dan distorsi. Kecepatan transmisi berkisar dari 200 juta bit per detik
menjadi lebih dari 500 juta bit per detik.
jaringan Komputer
2.
Teknologi ITU-T G.hn menggunakan kabel rumah yang ada (kabel
koaksial, saluran telepon dan kabel listrik) untuk menciptakan kecepatan tinggi
(sampai dengan 1 Gigabit / s) jaringan area lokal.
3.
Kawat twisted pair adalah media yang paling banyak digunakan
untuk semua telekomunikasi. Twisted-pair terdiri dari kabel tembaga yang
dipelintir menjadi pasangan. Kabel telepon biasa terdiri dari dua kawat tembaga
terisolasi dipelintir menjadi pasangan. Kabel jaringan komputer (kabel Ethernet
seperti yang didefinisikan oleh IEEE 802.3) terdiri dari 4 pasang kabel tembaga
yang dapat dimanfaatkan untuk kedua transmisi suara dan data. Penggunaan dua
kawat memutar bersama-sama membantu untuk mengurangi crosstalk dan induksi
elektromagnetik. Kecepatan transmisi berkisar 2 juta bit per detik menjadi 10
milyar bit per detik. Twisted pair datang dalam dua bentuk: unshielded twisted
pair (UTP) dan terlindung twisted-pair (STP). Setiap bentuk datang dalam
beberapa kategori penilaian, dirancang untuk digunakan dalam berbagai skenario.
4.
Serat optik adalah serat kaca. Ini membawa pulsa cahaya yang
merepresentasikan data. Beberapa keuntungan dari serat optik melalui kabel
logam adalah hilangnya transmisi yang sangat rendah dan kekebalan dari gangguan
listrik. Serat optik secara bersamaan dapat membawa beberapa panjang gelombang
cahaya, yang sangat meningkatkan tingkat bahwa data dapat dikirim, dan membantu
memungkinkan kecepatan data hingga triliunan bit per detik. Serat optik dapat
digunakan untuk berjalan panjang kabel yang membawa kecepatan data yang sangat
tinggi, dan digunakan untuk kabel bawah laut untuk menghubungkan benua.
Harga merupakan faktor utama yang membedakan wired- dan nirkabel
teknologi pilihan dalam bisnis. Pilihan Wireless perintah harga premium yang
dapat membuat pembelian komputer kabel, printer dan perangkat lain keuntungan
finansial. Sebelum membuat keputusan untuk membeli produk teknologi terprogram,
review pembatasan dan keterbatasan pilihan yang diperlukan. Bisnis dan karyawan
kebutuhan dapat menimpa pertimbangan biaya.
Teknologi nirkabel
1.
Terrestrial microwave – komunikasi microwave terestrial
menggunakan pemancar berbasis Bumi dan penerima menyerupai piring satelit.
Microwave terestrial berada di kisaran rendah-gigahertz, yang membatasi semua
komunikasi untuk line-of-sight. Stasiun relay yang berjarak sekitar 48 km (30
mil) terpisah.
Wireless_network –
jaringan komputer
2.
Satelit komunikasi – Satelit berkomunikasi melalui gelombang
radio microwave, yang tidak dibelokkan oleh atmosfer bumi. Satelit ditempatkan
dalam ruang, biasanya dalam orbit geosynchronous 35.400 km (22.000 mil) di atas
khatulistiwa. Sistem mengorbit Bumi mampu menerima dan menyampaikan sinyal
suara, data, dan TV.
3.
Selular dan PCS sistem menggunakan beberapa teknologi komunikasi
radio. Sistem membagi wilayah tertutup menjadi beberapa wilayah geografis.
Setiap daerah memiliki pemancar berdaya rendah atau radio perangkat antena
relay untuk menyampaikan panggilan dari satu daerah ke daerah berikutnya.
4.
Radio dan spread spectrum teknologi – jaringan area lokal
nirkabel menggunakan frekuensi tinggi teknologi radio yang mirip dengan digital
selular dan frekuensi rendah teknologi radio. LAN nirkabel menggunakan
teknologi spektrum tersebar yang memungkinkan komunikasi antara beberapa
perangkat di daerah terbatas. IEEE 802.11 mendefinisikan rasa umum teknologi
radio gelombang nirkabel standar terbuka yang dikenal sebagai Wifi.
5.
Ruang bebas komunikasi optik menggunakan cahaya tampak atau
terlihat untuk komunikasi. Dalam kebanyakan kasus, line-of-sight propagasi yang
digunakan, yang membatasi posisi fisik perangkat berkomunikasi.
teknologi eksotis
Ada berbagai upaya mengangkut data melalui media yang eksotis:
Ada berbagai upaya mengangkut data melalui media yang eksotis:
1.
IP lebih Avian Carriers adalah Minta April bodoh lucu untuk
Komentar, diterbitkan sebagai RFC 1149. Hal ini diimplementasikan dalam
kehidupan nyata pada tahun 2001.
2.
Memperluas Internet untuk dimensi antar melalui gelombang radio.
Kedua kasus memiliki besar waktu round-trip delay, yang
memberikan komunikasi dua arah yang lambat, tetapi tidak mencegah pengiriman
sejumlah besar informasi.
node jaringan Komputer
Terlepas dari media transmisi fisik mungkin ada, jaringan terdiri dari blok bangunan dasar sistem tambahan, seperti antarmuka jaringan controller (NIC), repeater, hub, bridge, switch, router, modem, dan firewall.
Terlepas dari media transmisi fisik mungkin ada, jaringan terdiri dari blok bangunan dasar sistem tambahan, seperti antarmuka jaringan controller (NIC), repeater, hub, bridge, switch, router, modem, dan firewall.
Antarmuka jaringan komputer
Sebuah kontroler antarmuka jaringan (NIC) adalah perangkat keras komputer yang menyediakan komputer dengan kemampuan untuk mengakses media transmisi, dan memiliki kemampuan untuk memproses informasi jaringan tingkat rendah. Misalnya NIC mungkin memiliki konektor untuk menerima kabel, atau udara untuk transmisi nirkabel dan penerimaan, dan sirkuit terkait.
Sebuah kontroler antarmuka jaringan (NIC) adalah perangkat keras komputer yang menyediakan komputer dengan kemampuan untuk mengakses media transmisi, dan memiliki kemampuan untuk memproses informasi jaringan tingkat rendah. Misalnya NIC mungkin memiliki konektor untuk menerima kabel, atau udara untuk transmisi nirkabel dan penerimaan, dan sirkuit terkait.
NIC merespon lalu lintas yang ditujukan ke alamat jaringan untuk
baik NIC atau komputer secara keseluruhan.
Dalam jaringan Ethernet, setiap kontroler antarmuka jaringan
memiliki alamat-biasanya unik Media Access Control (MAC) yang tersimpan dalam
memori permanen pengawas. Untuk menghindari konflik alamat antara perangkat
jaringan, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) memelihara
dan mengelola alamat MAC keunikan. Ukuran alamat Ethernet MAC adalah enam
oktet. Tiga oktet paling signifikan dicadangkan untuk mengidentifikasi produsen
NIC. Produsen ini, hanya menggunakan prefiks mereka ditugaskan, unik menetapkan
tiga oktet paling signifikan dari setiap antarmuka Ethernet yang mereka hasilkan.
Repeater dan hub
Sebuah repeater adalah perangkat elektronik yang menerima sinyal jaringan, membersihkannya kebisingan yang tidak perlu, dan melahirkan itu. Sinyal dipancarkan pada tingkat daya yang lebih tinggi, atau ke sisi lain dari obstruksi, sehingga sinyal dapat menutupi jarak yang lebih jauh tanpa degradasi. Dalam kebanyakan konfigurasi Ethernet twisted pair, repeater diperlukan untuk kabel yang panjangnya lebih dari 100 meter. Dengan serat optik, repeater bisa puluhan atau bahkan ratusan kilometer terpisah.
Sebuah repeater adalah perangkat elektronik yang menerima sinyal jaringan, membersihkannya kebisingan yang tidak perlu, dan melahirkan itu. Sinyal dipancarkan pada tingkat daya yang lebih tinggi, atau ke sisi lain dari obstruksi, sehingga sinyal dapat menutupi jarak yang lebih jauh tanpa degradasi. Dalam kebanyakan konfigurasi Ethernet twisted pair, repeater diperlukan untuk kabel yang panjangnya lebih dari 100 meter. Dengan serat optik, repeater bisa puluhan atau bahkan ratusan kilometer terpisah.
Sebuah repeater dengan beberapa port dikenal sebagai hub.
Repeater bekerja pada lapisan fisik model OSI. Repeater memerlukan sedikit
waktu untuk menumbuhkan sinyal. Hal ini dapat menyebabkan delay propagasi yang
mempengaruhi kinerja jaringan. Akibatnya, banyak arsitektur jaringan membatasi
jumlah repeater yang dapat digunakan dalam satu baris, misalnya, aturan
Ethernet 5-4-3.
Hub sebagian besar telah usang oleh switch modern; namun
repeater yang digunakan untuk link jarak jauh, terutama bawah kabel.
Jembatan Jaringan Komputer
Sebuah menghubungkan jembatan jaringan dan filter lalu lintas
antara dua segmen jaringan di lapisan data link (layer 2) dari model OSI untuk
membentuk jaringan tunggal. Ini istirahat collision domain jaringan tetapi tetap
mempertahankan domain broadcast terpadu. Segmentasi jaringan rusak a, jaringan
padat besar menjadi sebuah agregasi kecil, jaringan yang lebih efisien.
Jembatan datang dalam tiga tipe dasar:
1.
Jembatan lokal: Langsung menghubungkan LAN
2.
Terpencil jembatan: Dapat digunakan untuk membuat wide area
network (WAN) hubungan antara LAN. Terpencil jembatan, di mana link yang
menghubungkan lebih lambat daripada jaringan akhir, sebagian besar telah
digantikan dengan router.
3.
Wireless jembatan: Dapat digunakan untuk bergabung LAN atau
menghubungkan perangkat remote LAN.
Switch Jaringan Komputer
Sebuah switch jaringan adalah sebuah alat yang maju dan filter OSI layer 2 datagrams antara port berdasarkan pada alamat MAC dalam paket. Saklar berbeda dari hub di bahwa ia hanya meneruskan frame ke port fisik yang terlibat dalam komunikasi daripada semua port terhubung. Hal ini dapat dianggap sebagai multi-port bridge. Ia belajar untuk mengasosiasikan port fisik ke alamat MAC dengan memeriksa alamat sumber frame yang diterima. Jika tujuan yang tidak diketahui ditargetkan, switch siaran ke semua port tapi sumber. Switch biasanya memiliki banyak port, memfasilitasi topologi star untuk perangkat, dan Cascading switch tambahan.
Sebuah switch jaringan adalah sebuah alat yang maju dan filter OSI layer 2 datagrams antara port berdasarkan pada alamat MAC dalam paket. Saklar berbeda dari hub di bahwa ia hanya meneruskan frame ke port fisik yang terlibat dalam komunikasi daripada semua port terhubung. Hal ini dapat dianggap sebagai multi-port bridge. Ia belajar untuk mengasosiasikan port fisik ke alamat MAC dengan memeriksa alamat sumber frame yang diterima. Jika tujuan yang tidak diketahui ditargetkan, switch siaran ke semua port tapi sumber. Switch biasanya memiliki banyak port, memfasilitasi topologi star untuk perangkat, dan Cascading switch tambahan.
Multi-layer switch mampu routing berdasarkan layer 3 atau tingkat
logis tambahan. Saklar Istilah ini sering digunakan secara longgar untuk
menyertakan perangkat seperti router dan jembatan, serta perangkat yang dapat
mendistribusikan lalu lintas berdasarkan beban atau berdasarkan konten aplikasi
(misalnya, identifier URL Web).
Router untuk Jaringan Komputer
Sebuah router adalah perangkat internetworking yang meneruskan paket antara jaringan dengan mengolah informasi routing termasuk dalam paket atau datagram (informasi protokol Internet dari layer 3). Informasi routing sering diolah dalam hubungannya dengan tabel routing (atau forwarding table). Router menggunakan tabel routing untuk menentukan di mana untuk meneruskan paket. (Sebuah tujuan dalam tabel routing dapat menyertakan “nol” antarmuka, juga dikenal sebagai “hitam lubang” antarmuka karena data bisa masuk ke dalamnya, namun, tidak ada proses lebih lanjut dilakukan untuk mengatakan data.)
Sebuah router adalah perangkat internetworking yang meneruskan paket antara jaringan dengan mengolah informasi routing termasuk dalam paket atau datagram (informasi protokol Internet dari layer 3). Informasi routing sering diolah dalam hubungannya dengan tabel routing (atau forwarding table). Router menggunakan tabel routing untuk menentukan di mana untuk meneruskan paket. (Sebuah tujuan dalam tabel routing dapat menyertakan “nol” antarmuka, juga dikenal sebagai “hitam lubang” antarmuka karena data bisa masuk ke dalamnya, namun, tidak ada proses lebih lanjut dilakukan untuk mengatakan data.)
Modem untuk Jaringan Komputer
Modem (modulator-demodulator) yang digunakan untuk menghubungkan node jaringan melalui kawat tidak awalnya dirancang untuk lalu lintas jaringan digital, atau wireless. Untuk melakukan hal ini satu atau lebih frekuensi yang dimodulasi oleh sinyal digital untuk menghasilkan sinyal analog yang dapat disesuaikan untuk memberikan sifat yang diperlukan untuk transmisi. Modem biasanya digunakan untuk saluran telepon, menggunakan teknologi Digital Subscriber Line
Modem (modulator-demodulator) yang digunakan untuk menghubungkan node jaringan melalui kawat tidak awalnya dirancang untuk lalu lintas jaringan digital, atau wireless. Untuk melakukan hal ini satu atau lebih frekuensi yang dimodulasi oleh sinyal digital untuk menghasilkan sinyal analog yang dapat disesuaikan untuk memberikan sifat yang diperlukan untuk transmisi. Modem biasanya digunakan untuk saluran telepon, menggunakan teknologi Digital Subscriber Line
Firewall untuk Jaringan Komputer
Firewall adalah perangkat jaringan untuk mengendalikan keamanan jaringan dan akses aturan. Firewall biasanya dikonfigurasi untuk menolak permintaan akses dari sumber yang belum diakui sementara memungkinkan tindakan dari yang diakui. Firewall peran penting bermain dalam jaringan keamanan tumbuh secara paralel dengan peningkatan konstan dalam serangan cyber.
Firewall adalah perangkat jaringan untuk mengendalikan keamanan jaringan dan akses aturan. Firewall biasanya dikonfigurasi untuk menolak permintaan akses dari sumber yang belum diakui sementara memungkinkan tindakan dari yang diakui. Firewall peran penting bermain dalam jaringan keamanan tumbuh secara paralel dengan peningkatan konstan dalam serangan cyber.
struktur jaringan komputer
Topologi jaringan adalah tata letak atau hirarki organisasi node saling berhubungan dari jaringan komputer. Topologi jaringan yang berbeda dapat mempengaruhi throughput, tapi kehandalan sering lebih penting. Dengan banyak teknologi, seperti jaringan bus, kegagalan tunggal dapat menyebabkan jaringan gagal seluruhnya. Secara umum semakin banyak interkoneksi ada, semakin kuat jaringan; tetapi lebih mahal itu adalah untuk menginstal.
Topologi jaringan adalah tata letak atau hirarki organisasi node saling berhubungan dari jaringan komputer. Topologi jaringan yang berbeda dapat mempengaruhi throughput, tapi kehandalan sering lebih penting. Dengan banyak teknologi, seperti jaringan bus, kegagalan tunggal dapat menyebabkan jaringan gagal seluruhnya. Secara umum semakin banyak interkoneksi ada, semakin kuat jaringan; tetapi lebih mahal itu adalah untuk menginstal.
Layout umum
Layout yang umum adalah:
1.
Sebuah jaringan bus: semua node yang terhubung ke media umum di
sepanjang media ini. Ini adalah tata letak yang digunakan dalam Ethernet asli,
disebut 10BASE5 dan 10BASE2.
2.
Sebuah jaringan bintang: semua node terhubung ke node pusat
khusus. Ini adalah tata letak yang khas ditemukan dalam Wireless LAN, di mana
setiap klien nirkabel terhubung ke titik akses nirkabel pusat.
3.
Sebuah jaringan cincin: setiap node terhubung ke node tetangga
kiri dan kanan, sehingga semua node yang terhubung dan bahwa setiap node dapat
mencapai setiap node lain dengan melintasi node kiri-atau ke sebelah kanan.
Fiber Distributed Data Interface (FDDI) memanfaatkan topologi tersebut.
4.
Sebuah jaringan jala: setiap node terhubung ke jumlah
sewenang-wenang tetangga sedemikian rupa bahwa ada setidaknya satu traversal
dari setiap node ke yang lain.
5.
Sebuah jaringan yang terhubung sepenuhnya: setiap node terhubung
ke setiap node lainnya dalam jaringan.
6.
Sebuah jaringan pohon: node yang disusun secara hierarkis.
Perhatikan bahwa tata letak fisik dari node dalam sebuah jaringan
mungkin tidak selalu mencerminkan topologi jaringan. Sebagai contoh, dengan
FDDI, topologi jaringan cincin (sebenarnya dua counter-rotating cincin), tapi
topologi fisik sering bintang, karena semua koneksi tetangga dapat dialihkan
melalui lokasi fisik pusat.
overlay Jaringan Komputer
Sebuah jaringan overlay adalah jaringan komputer virtual yang
dibangun di atas jaringan lain. Node dalam jaringan overlay dihubungkan dengan
link virtual atau logis. Setiap link sesuai dengan jalan, mungkin melalui banyak
link fisik, dalam jaringan yang mendasarinya. Topologi jaringan overlay dapat
(dan sering) berbeda dari yang satu yang mendasari. Sebagai contoh, banyak
jaringan peer-to-peer adalah jaringan overlay. Mereka terorganisir sebagai
simpul dari sistem virtual link yang berjalan di atas Internet.
Jaringan overlay telah ada sejak penemuan jaringan ketika sistem
komputer yang terhubung melalui saluran telepon dengan menggunakan modem,
sebelum jaringan data yang ada.
Contoh yang paling mencolok dari jaringan overlay adalah
internet itu sendiri. Internet itu sendiri awalnya dibangun sebagai overlay
pada jaringan telepon. [11] Bahkan saat ini, pada lapisan jaringan, setiap node
dapat mencapai setiap lain dengan koneksi langsung ke alamat IP yang
diinginkan, sehingga menciptakan jaringan yang terhubung sepenuhnya. Jaringan
yang mendasarinya, bagaimanapun, terdiri dari interkoneksi mesh seperti
sub-jaringan dari berbagai topologi (dan teknologi). Resolusi alamat dan
routing adalah sarana yang memungkinkan pemetaan jaringan overlay IP sepenuhnya
terhubung ke jaringan yang mendasarinya.
Contoh lain dari jaringan overlay adalah tabel hash
didistribusikan, yang memetakan kunci node dalam jaringan. Dalam hal ini,
jaringan yang mendasarinya adalah jaringan IP, dan jaringan overlay adalah
tabel (sebenarnya peta) diindeks oleh kunci.
Jaringan overlay juga telah diusulkan sebagai cara untuk
meningkatkan Internet routing, seperti melalui kualitas jaminan layanan untuk
mencapai kualitas yang lebih tinggi media streaming. Proposal sebelumnya
seperti IntServ, DiffServ, dan IP Multicast belum melihat penerimaan luas
terutama karena mereka memerlukan modifikasi dari semua router dalam jaringan.
[Rujukan?] Di sisi lain, jaringan overlay dapat secara bertahap digunakan pada
akhir-host menjalankan perangkat lunak protokol overlay, tanpa kerjasama dari
penyedia layanan Internet. Jaringan overlay tidak memiliki kontrol atas
bagaimana paket diarahkan dalam jaringan yang mendasari antara dua node
overlay, tetapi dapat mengontrol, misalnya, urutan node overlay yang pesan
melintasi sebelum mencapai tujuan.
Sebagai contoh, Akamai Technologies mengelola jaringan overlay
yang menyediakan handal, pengiriman konten efisien (semacam multicast).
Penelitian akademik meliputi end sistem multicast, tangguh routing dan kualitas
penelitian layanan, antara lain.
Protokol komunikasi
Sebuah protokol komunikasi adalah seperangkat aturan untuk bertukar informasi melalui link jaringan. Dalam tumpukan protokol (lihat juga model OSI), masing-masing protokol memanfaatkan layanan dari protokol di bawahnya. Sebuah contoh penting dari tumpukan protokol HTTP (World Wide Web protocol) yang berjalan di atas TCP over IP (protokol internet) atas IEEE 802.11 (protokol Wi-Fi). Tumpukan ini digunakan antara router nirkabel dan komputer pribadi pengguna rumah ketika pengguna berselancar di web.
Sebuah protokol komunikasi adalah seperangkat aturan untuk bertukar informasi melalui link jaringan. Dalam tumpukan protokol (lihat juga model OSI), masing-masing protokol memanfaatkan layanan dari protokol di bawahnya. Sebuah contoh penting dari tumpukan protokol HTTP (World Wide Web protocol) yang berjalan di atas TCP over IP (protokol internet) atas IEEE 802.11 (protokol Wi-Fi). Tumpukan ini digunakan antara router nirkabel dan komputer pribadi pengguna rumah ketika pengguna berselancar di web.
Sementara penggunaan protokol layering saat ini di mana-mana di
seluruh bidang jaringan komputer, sejarah telah dikritik oleh banyak peneliti
[13] karena dua alasan utama. Pertama, abstrak protokol stack dengan cara ini
dapat menyebabkan lapisan yang lebih tinggi untuk menduplikasi fungsi dari
lapisan yang lebih rendah, misalnya saja pemulihan kesalahan pada kedua basis
per-link dan secara end-to-end. [14] Kedua, umum bahwa implementasi protokol
pada satu lapisan mungkin memerlukan data, negara atau informasi pengalamatan
yang hanya hadir di lapisan lain, sehingga mengalahkan titik memisahkan lapisan
di tempat pertama. Sebagai contoh, TCP menggunakan lapangan ECN di header IPv4
sebagai indikasi kemacetan; IP adalah protokol lapisan jaringan sedangkan TCP
adalah protokol lapisan transport.
Protokol komunikasi memiliki berbagai karakteristik. Mereka
mungkin connection-oriented atau connectionless, mereka dapat menggunakan modus
rangkaian atau packet switching, dan mereka dapat menggunakan hirarkis
menangani atau flat menangani.
IEEE 802
Lengkap IEEE 802 protokol menyediakan beragam rangkaian kemampuan jaringan. Protokol memiliki skema pengalamatan datar. Mereka beroperasi sebagian besar pada tingkat 1 dan 2 dari model OSI.
Lengkap IEEE 802 protokol menyediakan beragam rangkaian kemampuan jaringan. Protokol memiliki skema pengalamatan datar. Mereka beroperasi sebagian besar pada tingkat 1 dan 2 dari model OSI.
Sebagai contoh, MAC menjembatani (IEEE 802.1D) berkaitan dengan
routing paket Ethernet menggunakan Spanning Tree Protocol. IEEE 802.1Q VLAN
menjelaskan, dan IEEE 802.1X mendefinisikan protokol Network Access Control
berbasis port, yang merupakan dasar untuk mekanisme otentikasi yang digunakan
dalam VLAN (tetapi juga ditemukan dalam WLAN) – itu adalah apa yang pengguna
rumahan melihat ketika pengguna harus memasukkan “kunci akses nirkabel”.
Ethernet – Ethernet, kadang-kadang hanya disebut LAN, adalah
keluarga protokol yang digunakan dalam LAN kabel, dijelaskan oleh satu set
standar bersama-sama disebut IEEE 802.3 yang diterbitkan oleh Institute of
Electrical and Electronics Engineers.
Wireless LAN, juga dikenal sebagai WLAN atau WiFi, mungkin adalah anggota
paling terkenal dari IEEE 802 protokol keluarga untuk pengguna rumah hari ini.
Hal yang diukur dengan IEEE 802.11 dan saham banyak properti dengan kabel
Ethernet.
Internet Protocol Suite, juga disebut TCP / IP, adalah dasar dari
semua jaringan modern. Ini menawarkan koneksi-kurang serta layanan yang
berorientasi koneksi melalui jaringan inheren tidak dapat diandalkan dilalui
oleh transmisi data-gram pada protokol Internet (IP) tingkat. Pada intinya,
protokol mendefinisikan pengalamatan, identifikasi, dan spesifikasi routing
Internet Protocol Version 4 (IPv4) dan IPv6, generasi berikutnya dari protokol
dengan kemampuan menangani diperbesar banyak.
Jaringan Synchronous optik (SONET) dan Synchronous Digital
Hierarchy (SDH) adalah protokol multiplexing standar yang mentransfer beberapa
aliran bit digital melalui serat optik menggunakan laser. Mereka awalnya
dirancang untuk mengangkut modus sirkuit komunikasi dari berbagai sumber yang
berbeda, terutama untuk mendukung real-time, tidak dikompresi, circuit-switched
suara dikodekan dalam PCM (Pulse-Code Modulation) format. Namun, karena
netralitas protokol dan fitur transportasi berorientasi, SONET / SDH juga
adalah pilihan yang jelas untuk mengangkut Asynchronous Transfer Mode (ATM) frame.
Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah teknik switching untuk
jaringan telekomunikasi. Menggunakan asynchronous time-division multiplexing
dan encode data ke dalam kecil, sel berukuran tetap. Ini berbeda dari protokol
lain seperti Internet Protocol Suite atau Ethernet yang menggunakan paket
berukuran variabel atau frame. ATM memiliki kesamaan dengan kedua sirkuit dan
packet switched jaringan. Hal ini membuat pilihan yang baik untuk jaringan yang
harus menangani keduanya lalu lintas tradisional tinggi-throughput data, dan
real-time, konten-latency rendah seperti suara dan video. ATM menggunakan model
berorientasi koneksi yang sirkuit virtual harus dibentuk antara dua endpoint
sebelum pertukaran data yang sebenarnya dimulai.
Sementara peran ATM berkurang mendukung jaringan generasi
mendatang, masih memainkan peran di mil terakhir, yang merupakan hubungan
antara penyedia layanan Internet dan pengguna rumah.
skala geografis
Sebuah jaringan dapat ditandai dengan kemampuan fisik atau
tujuan organisasi. Gunakan jaringan, termasuk otorisasi pengguna dan hak akses,
berbeda sesuai.
Sebuah jaringan komunikasi nano memiliki
komponen utama dilaksanakan pada skala nano termasuk operator pesan dan
memanfaatkan prinsip-prinsip fisik yang berbeda dari mekanisme komunikasi
macroscale. Komunikasi nano meluas komunikasi untuk sensor yang sangat kecil
dan aktuator seperti yang ditemukan dalam sistem biologis dan juga cenderung
untuk beroperasi di lingkungan yang akan menjadi terlalu keras untuk komunikasi
klasik.
personal area network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan
untuk komunikasi antara perangkat teknologi komputer dan informasi yang berbeda
dekat dengan satu orang. Beberapa contoh perangkat yang digunakan dalam PAN
adalah komputer pribadi, printer, mesin fax, telepon, PDA, scanner, dan konsol
permainan bahkan video. Sebuah PAN mungkin termasuk perangkat kabel dan
nirkabel. Jangkauan dari PAN biasanya meluas ke 10 meter. [17] Sebuah PAN kabel
biasanya dibangun dengan USB dan FireWire koneksi sementara teknologi seperti
Bluetooth dan komunikasi inframerah biasanya membentuk PAN nirkabel.
jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan
komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, sekolah,
gedung perkantoran, atau kelompok diposisikan dekat bangunan. Setiap komputer
atau perangkat pada jaringan adalah node. LAN kabel kemungkinan besar
didasarkan pada teknologi Ethernet. Standar baru seperti ITU-T G.hn juga
menyediakan cara untuk membuat LAN kabel menggunakan kabel yang ada, seperti
kabel koaksial, saluran telepon, dan kabel listrik.
Semua perangkat saling menggunakan lapisan jaringan (lapisan 3)
untuk menangani beberapa subnet (diwakili oleh warna yang berbeda). Mereka
dalam perpustakaan memiliki koneksi 10/100 Mbit / s Ethernet ke perangkat
pengguna dan koneksi Gigabit Ethernet ke router pusat. Mereka bisa disebut
Layer 3 switch, karena mereka hanya memiliki antarmuka Ethernet dan mendukung
Internet Protocol. Mungkin lebih tepat untuk memanggil mereka akses router, di
mana router di atas adalah router distribusi yang terhubung ke Internet dan ke
router akses pelanggan jaringan akademis ‘.
Ciri-ciri tertentu dari LAN, berbeda dengan wide area network
(WAN), termasuk kecepatan data yang lebih tinggi transfer jangkauan geografis
yang terbatas, dan kurangnya ketergantungan pada leased line untuk menyediakan
konektivitas. Ethernet saat ini atau IEEE 802.3 teknologi LAN beroperasi pada
kecepatan transfer data hingga 10 Gbit / s. IEEE menyelidiki standarisasi 40
dan 100 Gb / s tarif. Sebuah LAN dapat dihubungkan ke WAN menggunakan router.
jaringan area rumah (HAN) adalah LAN perumahan yang digunakan
untuk komunikasi antar perangkat digital biasanya digunakan di rumah, biasanya
sejumlah kecil komputer pribadi dan aksesoris, seperti printer dan perangkat
komputasi mobile. Fungsi penting adalah berbagi akses internet, seringkali
layanan broadband melalui TV kabel atau digital subscriber line (DSL) provider.
jaringan area penyimpanan (SAN) adalah jaringan khusus yang menyediakan
akses ke konsolidasi, blok tingkat penyimpanan data. SAN terutama digunakan
untuk membuat perangkat penyimpanan, seperti array disk, tape libraries, dan
jukebox optik, dapat diakses oleh server sehingga perangkat muncul seperti
perangkat yang terpasang secara lokal ke sistem operasi. Sebuah SAN biasanya
memiliki jaringan sendiri perangkat penyimpanan yang umumnya tidak dapat
diakses melalui daerah jaringan lokal oleh perangkat lain. Biaya dan
kompleksitas SAN jatuh di awal 2000-an ke tingkat yang memungkinkan adopsi yang
lebih luas di kedua perusahaan dan kecil untuk lingkungan bisnis menengah.
jaringan area kampus (CAN) terdiri dari interkoneksi LAN dalam
wilayah geografis yang terbatas. Peralatan jaringan (switch, router) dan media
transmisi (serat optik, pabrik tembaga, CAT5 kabel, dll) hampir seluruhnya
dimiliki oleh kampus penyewa / pemilik (perusahaan, universitas, pemerintah,
dll).
Sebagai contoh, sebuah jaringan kampus universitas kemungkinan
untuk menghubungkan berbagai bangunan kampus untuk menghubungkan perguruan tinggi
akademis atau departemen, perpustakaan, dan asrama mahasiswa.
jaringan backbone merupakan bagian dari infrastruktur
jaringan komputer yang menyediakan jalur untuk pertukaran informasi antara LAN
yang berbeda atau sub-jaringan. Sebuah backbone dapat mengikat jaringan
bersama-sama beragam dalam gedung yang sama, di bangunan yang berbeda, atau di
wilayah yang luas.
Sebagai contoh, sebuah perusahaan besar mungkin menerapkan
jaringan backbone untuk menghubungkan departemen yang berada di seluruh dunia.
Peralatan yang mengikat bersama-sama jaringan departemen merupakan tulang
punggung jaringan. Ketika merancang jaringan backbone, kinerja jaringan dan
kepadatan jaringan merupakan faktor penting untuk memperhitungkan. Biasanya,
kapasitas jaringan backbone adalah lebih besar dari jaringan individu yang
terhubung.
Contoh lain dari jaringan backbone adalah tulang punggung
Internet, yang merupakan seperangkat jaringan luas wilayah (WAN) dan router
inti yang mengikat bersama semua jaringan yang terhubung ke Internet.
Jaringan area metropolitan (MAN) adalah jaringan komputer besar yang
biasanya mencakup sebuah kota atau kampus yang besar.
jaringan wilayah luas (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup
area geografis yang luas, seperti kota, negara, atau mencakup jarak bahkan
antarbenua. Sebuah WAN menggunakan saluran komunikasi yang menggabungkan
berbagai jenis media seperti saluran telepon, kabel, dan gelombang udara.
Sebuah WAN sering memanfaatkan fasilitas transmisi yang disediakan oleh
angkutan umum, seperti perusahaan telepon. Teknologi WAN umumnya fungsi di
bawah tiga lapisan dari model referensi OSI: lapisan fisik, lapisan data link,
dan lapisan jaringan.
perusahaan jaringan pribadi adalah jaringan yang satu organisasi
membangun untuk menghubungkan lokasi kantornya di (misalnya, lokasi produksi,
kantor pusat, kantor jauh, toko) sehingga mereka dapat berbagi sumber daya
komputer.
virtual private network (VPN) adalah jaringan overlay di mana beberapa
link antara node yang dibawa oleh sambungan terbuka atau virtual circuit di
beberapa jaringan yang lebih besar (misalnya, Internet) dan bukannya dengan
kabel fisik. Protokol lapisan data link dari jaringan virtual dikatakan
terowongan melalui jaringan yang lebih besar ketika hal ini terjadi. Salah satu
aplikasi umum adalah komunikasi yang aman melalui Internet publik, tetapi VPN
tidak perlu memiliki fitur keamanan eksplisit, seperti otentikasi atau enkripsi
konten. VPN, misalnya, dapat digunakan untuk memisahkan lalu lintas masyarakat
pengguna yang berbeda melalui jaringan yang mendasari dengan fitur keamanan
yang kuat.
VPN mungkin memiliki kinerja terbaik usaha, atau mungkin
memiliki perjanjian tingkat layanan yang ditetapkan (SLA) antara pelanggan VPN
dan penyedia layanan VPN. Umumnya, VPN memiliki topologi yang lebih kompleks
daripada point-to-point.
jaringan area global (GAN) adalah jaringan yang digunakan untuk
mendukung mobile di seluruh jumlah sewenang-wenang LAN nirkabel, area jangkauan
satelit, dll tantangan utama dalam komunikasi mobile menyerahkan off komunikasi
pengguna dari satu daerah cakupan lokal ke depan. Dalam Proyek IEEE 802, ini
melibatkan suksesi LAN nirkabel terestrial.
lingkup organisasi jaringan komputer
Jaringan biasanya dikelola oleh organisasi yang memiliki mereka. Jaringan perusahaan swasta dapat menggunakan kombinasi intranet dan extranet. Mereka juga dapat memberikan akses jaringan ke Internet, yang tidak memiliki pemilik tunggal dan memungkinkan konektivitas global yang hampir tak terbatas.
Jaringan biasanya dikelola oleh organisasi yang memiliki mereka. Jaringan perusahaan swasta dapat menggunakan kombinasi intranet dan extranet. Mereka juga dapat memberikan akses jaringan ke Internet, yang tidak memiliki pemilik tunggal dan memungkinkan konektivitas global yang hampir tak terbatas.
intranet adalah seperangkat jaringan yang berada di bawah kendali
entitas administratif. Intranet menggunakan protokol IP dan alat berbasis IP
seperti web browser dan aplikasi transfer file. Batas entitas administratif
menggunakan intranet para penggunanya resmi. Paling umum, intranet adalah LAN
internal organisasi. Sebuah intranet besar biasanya memiliki setidaknya satu
web server untuk menyediakan pengguna dengan informasi organisasi. Sebuah
intranet juga apa-apa di belakang router pada jaringan area lokal.
extranet merupakan jaringan yang juga di bawah kendali administrasi
organisasi tunggal, tetapi mendukung koneksi terbatas ke jaringan eksternal
tertentu. Sebagai contoh, sebuah organisasi dapat memberikan akses ke beberapa
aspek intranet untuk berbagi data dengan mitra bisnis atau pelanggan. Ini
entitas lain belum tentu dipercaya dari sudut pandang keamanan. Koneksi
jaringan ke extranet sering, namun tidak selalu, dilaksanakan melalui teknologi
WAN.
internetwork adalah hubungan antara beberapa jaringan komputer melalui
teknologi routing umum menggunakan router.
Internet merupakan contoh terbesar dari sebuah internetwork. Ini
adalah sebuah sistem global yang saling berhubungan pemerintah, akademisi,
perusahaan, masyarakat, dan jaringan komputer pribadi. Hal ini didasarkan pada
teknologi jaringan Internet Protocol Suite. Ini adalah penerus dari Advanced
Research Projects Agency Network (ARPANET) yang dikembangkan oleh DARPA dari
Amerika Serikat Departemen Pertahanan. Internet juga merupakan tulang punggung
komunikasi yang mendasari World Wide Web (WWW).
Peserta Internet menggunakan beragam metode beberapa ratus
didokumentasikan, dan sering standar, protokol yang kompatibel dengan Internet
Protocol Suite dan sistem pengalamatan (alamat IP) dikelola oleh pendaftar
Internet Assigned Numbers Authority dan alamat. Penyedia layanan dan perusahaan
besar bertukar informasi tentang reachability ruang alamat mereka melalui
Border Gateway Protocol (BGP), membentuk mesh di seluruh dunia berlebihan jalur
transmisi.
Darknet merupakan jaringan overlay, biasanya berjalan di internet,
yang hanya dapat diakses melalui perangkat lunak khusus. Sebuah darknet adalah
jaringan anonymi mana sambungan dibuat hanya antara rekan-rekan terpercaya –
kadang-kadang disebut “teman” (F2F) [21] – menggunakan protokol non-standar dan
port.
Darknets berbeda dari jaringan terdistribusi peer-to-peer
sharing anonim (yaitu, alamat IP yang tidak dibagi secara publik), dan karena
itu pengguna dapat berkomunikasi dengan sedikit takut campur tangan pemerintah
atau perusahaan.
Routing adalah proses pemilihan jalur jaringan untuk membawa lalu
lintas jaringan. Routing dilakukan untuk berbagai jenis jaringan, termasuk
sirkuit beralih jaringan dan packet switched.
Dalam packet switched jaringan, routing yang mengarahkan paket
forwarding (transit logis ditujukan paket jaringan dari sumber mereka terhadap
tujuan akhir mereka) melalui node intermediate. Intermediate node biasanya
perangkat keras jaringan seperti router, jembatan, gateway, firewall, atau
switch. Tujuan umum komputer dapat juga meneruskan paket dan melakukan routing,
meskipun mereka tidak hardware khusus dan mungkin menderita dari kinerja
terbatas. Proses routing biasanya mengarahkan forwarding berdasarkan tabel
routing, yang mempertahankan catatan rute ke berbagai tujuan jaringan. Dengan
demikian, membangun tabel routing, yang diadakan di memori router, sangat
penting untuk routing yang efisien. Kebanyakan algoritma routing yang
menggunakan hanya satu jalur jaringan pada suatu waktu. Multipath teknik
routing memungkinkan penggunaan beberapa jalur alternatif.
Biasanya ada beberapa rute yang bisa diambil, dan untuk memilih
antara mereka, unsur-unsur yang berbeda dapat dianggap untuk menentukan rute
bisa diinstal ke dalam tabel routing, seperti (diurutkan berdasarkan
prioritas):
1.
Awalan-Length: di mana subnet mask panjang lebih disukai
(independen jika itu dalam protokol routing atau melalui protokol routing yang
berbeda)
2.
Metrik: di mana metrik / biaya yang lebih rendah lebih disukai
(hanya berlaku dalam satu dan protokol routing yang sama)
3.
Administrative distance: di mana jarak yang lebih rendah lebih
disukai (hanya berlaku antara protokol routing yang berbeda)
Routing, dalam arti yang lebih sempit istilah, sering
dibandingkan dengan bridging dalam asumsi bahwa alamat jaringan yang
terstruktur dan bahwa alamat yang sama menyiratkan kedekatan dalam jaringan.
Alamat terstruktur memungkinkan entri tabel routing tunggal untuk mewakili rute
ke sekelompok perangkat. Dalam jaringan yang besar, terstruktur pengalamatan
(routing, dalam arti sempit) melebihi terstruktur menangani (bridging). Routing
telah menjadi bentuk dominan menangani di Internet. Bridging masih banyak
digunakan dalam lingkungan lokal.
layanan jaringan Komputer
Layanan jaringan adalah aplikasi host oleh server pada jaringan komputer, untuk menyediakan beberapa fungsi untuk anggota atau pengguna jaringan, atau untuk membantu jaringan itu sendiri untuk beroperasi.
Layanan jaringan adalah aplikasi host oleh server pada jaringan komputer, untuk menyediakan beberapa fungsi untuk anggota atau pengguna jaringan, atau untuk membantu jaringan itu sendiri untuk beroperasi.
World Wide Web, E-mail, pencetakan dan file sharing jaringan
adalah contoh dari layanan jaringan terkenal. Layanan jaringan seperti DNS (Domain
Name System) memberikan nama untuk IP dan MAC address (orang ingat nama-nama
seperti “nm.lan” lebih baik daripada nomor seperti “210.121.67.18”), dan DHCP
untuk memastikan bahwa peralatan pada jaringan memiliki alamat IP yang valid.
Layanan biasanya didasarkan pada protokol layanan yang
mendefinisikan format dan urutan pesan antara klien dan server itu layanan
jaringan.
Kinerja jaringan
Kualitas layanan
Tergantung pada persyaratan instalasi, kinerja jaringan biasanya diukur oleh kualitas layanan produk telekomunikasi. Parameter yang mempengaruhi hal ini biasanya dapat mencakup throughput, jitter, tingkat kesalahan bit dan latency.
Kualitas layanan
Tergantung pada persyaratan instalasi, kinerja jaringan biasanya diukur oleh kualitas layanan produk telekomunikasi. Parameter yang mempengaruhi hal ini biasanya dapat mencakup throughput, jitter, tingkat kesalahan bit dan latency.
Daftar berikut memberikan contoh ukuran kinerja jaringan untuk
jaringan circuit-switched dan satu jenis jaringan paket-switched, yaitu. ATM:
1.
Jaringan circuit-switched: Dalam circuit switched jaringan,
kinerja jaringan ini identik dengan kelas layanan. Jumlah panggilan ditolak
adalah ukuran seberapa baik kinerja jaringan di bawah beban lalu lintas yang
padat. Jenis lain dari ukuran kinerja dapat mencakup tingkat kebisingan dan
gema.
2.
ATM: Dalam Asynchronous Transfer Mode (ATM) jaringan, kinerja
dapat diukur dengan tingkat garis, kualitas layanan (QoS), throughput data,
koneksi waktu, stabilitas, teknologi, teknik modulasi dan perangkat modem.
Ada banyak cara untuk mengukur kinerja jaringan, karena
masing-masing jaringan berbeda di alam dan desain. Kinerja juga dapat
dimodelkan bukan diukur. Sebagai contoh, diagram transisi sering digunakan
untuk model kinerja antrian dalam jaringan circuit-switched. Perencana jaringan
menggunakan diagram tersebut untuk menganalisis bagaimana jaringan melakukan di
setiap negara, memastikan bahwa jaringan dirancang secara optimal.
Kemacetan jaringan terjadi ketika link atau node membawa begitu
banyak data yang kualitas pelayanan memburuk. Efek khas termasuk antrian delay,
packet loss atau pemblokiran sambungan baru. Konsekuensi dari ini dua terakhir
adalah bahwa terjadi peningkatan yang ditawarkan beban menyebabkan baik hanya
untuk peningkatan kecil dalam throughput jaringan, atau pengurangan yang
sebenarnya dalam throughput jaringan.
Protokol jaringan yang menggunakan transmisi ulang agresif untuk
mengkompensasi hilangnya paket cenderung untuk menjaga sistem dalam keadaan
jaringan kemacetan-bahkan setelah beban awal berkurang ke tingkat yang tidak
biasanya menyebabkan kemacetan jaringan. Dengan demikian, jaringan yang
menggunakan protokol ini dapat menunjukkan dua negara stabil di bawah tingkat
yang sama beban. Negara yang stabil dengan throughput rendah dikenal sebagai
keruntuhan kongestif.
Jaringan modern menggunakan kontrol kemacetan dan menghindari
kemacetan teknik untuk mencoba untuk menghindari runtuhnya kemacetan. Ini
termasuk: backoff eksponensial dalam protokol seperti 802.11 yang CSMA / CA dan
Ethernet asli, pengurangan jendela TCP, dan antrian wajar dalam perangkat
seperti router. Metode lain untuk menghindari efek negatif dari kemacetan
jaringan menerapkan skema prioritas, sehingga beberapa paket yang dikirimkan
dengan prioritas yang lebih tinggi daripada yang lain. Skema prioritas tidak
memecahkan kemacetan jaringan sendiri, tetapi mereka membantu untuk mengurangi
efek kemacetan untuk beberapa layanan. Contoh dari hal ini adalah 802.1p.
Metode ketiga untuk menghindari kemacetan jaringan alokasi eksplisit sumber
daya jaringan untuk arus tertentu. Salah satu contoh dari hal ini adalah
penggunaan Contention-Free Transmisi Peluang (CFTXOPs) dalam standar ITU-T
G.hn, yang menyediakan kecepatan tinggi (hingga 1 Gbit / s) Local area jaringan
melalui kabel rumah yang ada (saluran listrik, saluran telepon dan kabel
koaksial).
Untuk RFC Internet 2914 membahas subjek kontrol kongesti secara
rinci.
Ketahanan jaringan “kemampuan untuk menyediakan dan
memelihara tingkat yang dapat diterima layanan dalam menghadapi kesalahan dan
tantangan untuk operasi normal.
Keamanan jaringan Komputer terdiri dari ketentuan dan kebijakan
akuntansi yang diterapkan oleh administrator jaringan untuk mencegah dan
memonitor akses yang tidak sah, penyalahgunaan, modifikasi, atau penolakan
jaringan komputer dan sumber daya jaringan yang dapat diakses nya. Jaringan
keamanan otorisasi akses ke data dalam jaringan, yang dikendalikan oleh
administrator jaringan. Pengguna ditugaskan ID dan password yang memungkinkan
mereka akses ke informasi dan program-program sesuai dengan kewenangannya.
Keamanan jaringan yang digunakan pada berbagai jaringan komputer, baik negeri
maupun swasta, untuk mengamankan transaksi dan komunikasi sehari-hari di
kalangan bisnis, instansi pemerintah dan individu.
surveilans jaringan Komputer
Surveilans jaringan pemantauan data yang ditransfer melalui
jaringan komputer seperti Internet. Pemantauan ini sering dilakukan diam-diam
dan dapat dilakukan oleh atau atas perintah pemerintah, oleh perusahaan,
organisasi kriminal, atau individu. Ini mungkin atau mungkin tidak sah dan
mungkin atau mungkin tidak memerlukan otorisasi dari pengadilan atau lembaga
independen lainnya.
Komputer dan jaringan surveilans program tersebar luas saat ini,
dan hampir semua lalu lintas internet atau mungkin bisa dipantau petunjuk untuk
kegiatan ilegal.
Surveilans sangat berguna untuk pemerintah dan penegak hukum
untuk mempertahankan kontrol sosial, mengenali dan memonitor ancaman, dan
mencegah / menyelidiki aktivitas kriminal. Dengan munculnya program-program
seperti program Total Informasi Kesadaran, teknologi seperti pengawasan
kecepatan tinggi komputer dan perangkat lunak biometrik, dan undang-undang
seperti Komunikasi Bantuan Untuk Penegakan Hukum UU, pemerintah sekarang
memiliki kemampuan belum pernah terjadi sebelumnya untuk memantau aktivitas
warga.
Namun, banyak hak-hak sipil dan privasi kelompok-seperti
Reporters Without Borders, Electronic Frontier Foundation, dan perhatian
American Civil Liberties Union-telah menyatakan bahwa peningkatan pengawasan
warga dapat menyebabkan masyarakat pengawasan massa, dengan kebebasan politik
dan pribadi yang terbatas. Ketakutan seperti ini telah menyebabkan banyak
tuntutan hukum seperti Hepting v. AT & T.The hacktivist kelompok Anonymous
telah menyusup ke situs web pemerintah sebagai protes terhadap apa yang
dianggap “pengawasan kejam”
End-to-end enkripsi (E2EE) adalah komunikasi paradigma digital
perlindungan terganggu data perjalanan antara dua pihak yang berkomunikasi. Ini
melibatkan pihak berasal mengenkripsi data sehingga hanya penerima pesan yang
dituju dapat mendekripsi itu, tanpa ketergantungan pada pihak ketiga.
End-to-end enkripsi mencegah perantara, seperti penyedia internet atau penyedia
layanan aplikasi, dari menemukan atau merusak komunikasi. End-to-end enkripsi
umumnya melindungi baik kerahasiaan dan integritas.
Contoh end-to-end enkripsi termasuk PGP untuk email, OTR untuk
instant messaging, ZRTP untuk telepon, dan TETRA untuk radio.
Sistem komunikasi berbasis server biasa tidak termasuk
end-to-end enkripsi. Sistem ini hanya dapat menjamin perlindungan komunikasi
antara klien dan server, bukan antara pihak-pihak berkomunikasi sendiri. Contoh
sistem non-E2EE adalah Google Talk, Yahoo Messenger, Facebook, dan Dropbox.
Beberapa sistem seperti itu, misalnya LavaBit dan SecretInk, bahkan
menggambarkan diri mereka sebagai menawarkan “end-to-end” enkripsi ketika
mereka tidak. Beberapa sistem yang biasanya menawarkan end-to-end enkripsi
telah ternyata mengandung pintu belakang yang merongrong negosiasi kunci
enkripsi antara pihak yang berkomunikasi, misalnya Skype.
Paradigma enkripsi end-to-end tidak langsung mengatasi risiko
pada komunikasi endpoint sendiri, seperti eksploitasi teknis klien, kualitas
buruk pembangkit angka acak, atau escrow kunci. E2EE juga tidak membahas
analisis lalu lintas, yang berkaitan dengan hal-hal seperti identitas titik
akhir dan waktu dan jumlah pesan yang dikirim.
Pemandangan jaringan Komputer
Pengguna dan administrator jaringan biasanya memiliki pandangan yang berbeda dari jaringan mereka. Pengguna dapat berbagi printer dan beberapa server dari workgroup, yang biasanya berarti mereka berada di lokasi geografis yang sama dan berada di LAN yang sama, sedangkan Administrator Jaringan bertanggung jawab untuk menjaga jaringan yang berdiri dan berjalan. Sebuah komunitas yang menarik memiliki kurang dari koneksi berada di area lokal, dan harus dianggap sebagai satu set pengguna sewenang-wenang terletak yang berbagi satu set server, dan mungkin juga berkomunikasi melalui peer-to-peer teknologi.
Pengguna dan administrator jaringan biasanya memiliki pandangan yang berbeda dari jaringan mereka. Pengguna dapat berbagi printer dan beberapa server dari workgroup, yang biasanya berarti mereka berada di lokasi geografis yang sama dan berada di LAN yang sama, sedangkan Administrator Jaringan bertanggung jawab untuk menjaga jaringan yang berdiri dan berjalan. Sebuah komunitas yang menarik memiliki kurang dari koneksi berada di area lokal, dan harus dianggap sebagai satu set pengguna sewenang-wenang terletak yang berbagi satu set server, dan mungkin juga berkomunikasi melalui peer-to-peer teknologi.
Administrator jaringan dapat melihat jaringan dari kedua
perspektif fisik dan logis. Perspektif fisik melibatkan lokasi geografis, kabel
fisik, dan elemen-elemen jaringan (misalnya, router, jembatan dan lapisan
aplikasi gateway) yang interkoneksi melalui media transmisi. Jaringan logis,
yang disebut, dalam arsitektur TCP / IP, subnet, peta ke satu atau lebih medium
transmisi. Sebagai contoh, sebuah praktek umum di kampus bangunan adalah untuk
membuat satu set kabel LAN di setiap bangunan tampak subnet umum, menggunakan
virtual (VLAN) teknologi LAN.
Kedua pengguna dan administrator sadar, untuk berbagai luasan,
kepercayaan dan ruang lingkup karakteristik jaringan. Sekali lagi menggunakan
TCP / IP terminologi arsitektur, intranet adalah sebuah komunitas yang menarik
di bawah pemerintahan swasta biasanya oleh suatu perusahaan, dan hanya dapat
diakses oleh pengguna yang berwenang (misalnya karyawan). Intranet tidak harus
terhubung ke Internet, tetapi umumnya memiliki koneksi yang terbatas. Extranet
merupakan perpanjangan dari intranet yang memungkinkan komunikasi yang aman
bagi pengguna di luar intranet (mitra misalnya bisnis, pelanggan).
Secara tidak resmi, Internet adalah set pengguna, perusahaan,
dan penyedia konten yang saling berhubungan dengan Internet Service Provider
(ISP). Dari sudut pandang teknik, Internet adalah himpunan subnet, dan agregat
dari subnet, yang berbagi ruang alamat IP dan pertukaran informasi tentang
reachability terdaftar dari alamat IP tersebut dengan menggunakan Border
Gateway Protocol. Biasanya, nama-nama terbaca-manusia server dijabarkan ke
alamat IP, transparan kepada pengguna, melalui fungsi direktori dari Domain
Name System (DNS).
Melalui Internet, bisa ada business-to-business (B2B),
business-to-consumer (B2C) dan (C2C) komunikasi konsumen ke konsumen. Ketika
uang atau informasi sensitif dipertukarkan, komunikasi cenderung untuk
dilindungi oleh beberapa bentuk mekanisme keamanan komunikasi. Intranet dan
extranet dapat dengan aman ditumpangkan ke Internet, tanpa akses oleh pengguna
internet umum dan administrator, menggunakan teknologi yang aman Virtual
Private Network (VPN).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar