Kamis, 21 April 2016

TEKNIK JARINGAN KOMPUTER






JARINGAN KOMPUTER 




Jaringan Komputer — Sebuah jaringan komputer atau jaringan data adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer untuk bertukar data. Dalam jaringan komputer, perangkat komputasi jaringan melewatkan data satu sama lain sepanjang koneksi data (link jaringan). Data ditransfer dalam bentuk paket. Hubungan antara node ditetapkan baik menggunakan media kabel atau media nirkabel. Jaringan komputer yang paling terkenal adalah Internet.

Jaringan Komputer

Perangkat jaringan komputer yang berasal, rute mengakhiri data disebut node jaringan.  Node dapat mencakup host seperti komputer pribadi, telepon, server serta perangkat keras jaringan. Dua perangkat tersebut dikatakan jaringan bersama-sama ketika salah satu perangkat dapat bertukar informasi dengan perangkat lain, apakah mereka memiliki koneksi langsung satu sama lain.
Jaringan komputer berbeda dalam media transmisi yang digunakan untuk membawa sinyal mereka, protokol komunikasi untuk mengatur lalu lintas jaringan, ukuran jaringan, topologi dan niat organisasi. Dalam kebanyakan kasus, protokol komunikasi yang berlapis pada (yaitu bekerja menggunakan) protokol komunikasi yang lebih spesifik atau lebih umum lainnya, kecuali untuk lapisan fisik yang secara langsung berhubungan dengan media transmisi.
Dukungan aplikasi jaringan komputer seperti akses ke World Wide Web, penggunaan bersama aplikasi dan penyimpanan server, printer, dan mesin fax, dan penggunaan email dan aplikasi instant messaging.
Sejarah Jaringan Komputer
Sebuah jaringan komputer, atau hanya jaringan, adalah kumpulan komputer dan komponen perangkat keras lainnya dihubungkan oleh saluran komunikasi yang memungkinkan berbagi sumber daya dan informasi. Pada 2015 jaringan komputer adalah inti dari komunikasi modern. Komputer mengontrol semua aspek modern public switched telephone network (PSTN). Telepon semakin berjalan lebih dari Internet Protocol, meskipun tidak selalu melalui Internet publik. Ruang lingkup komunikasi telah meningkat secara signifikan dalam dekade terakhir. Ledakan ini dalam komunikasi tidak akan mungkin terjadi tanpa jaringan komputer semakin maju. Jaringan komputer, dan teknologi yang membuat komunikasi antar komputer jaringan mungkin, terus mendorong perangkat keras, perangkat lunak komputer, dan industri peripheral. Perluasan industri terkait dicerminkan oleh pertumbuhan jumlah dan jenis orang yang menggunakan jaringan, dari peneliti untuk pengguna rumahan.
Kronologi perkembangan komputer-jaringan yang signifikan meliputi:
1.      Pada akhir 1950-an jaringan awal berkomunikasi komputer termasuk sistem radar militer semi-otomatis Tanah Lingkungan (SAGE).
2.      Pada tahun 1959 Anatolii Ivanovich Kitov mengusulkan kepada Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet rencana rinci untuk re-organisasi kendali angkatan bersenjata Soviet dan ekonomi Soviet atas dasar jaringan pusat komputasi.
3.      Pada tahun 1960 maskapai sistem reservasi komersial semi-otomatis lingkungan penelitian bisnis (SABRE) pergi online dengan dua mainframe yang terhubung.
4.      Pada tahun 1962 J.C.R. Licklider mengembangkan kelompok kerja yang disebut “intergalaksi Computer Network”, sebagai awal dari ARPANET, di Advanced Research Projects Agency (ARPA).
5.      Pada tahun 1964 peneliti di Dartmouth College mengembangkan Sharing System Dartmouth Waktu untuk pengguna terdistribusi sistem komputer besar. Pada tahun yang sama, di Massachusetts Institute of Technology, sebuah kelompok penelitian yang didukung oleh General Electric dan Bell Labs menggunakan komputer untuk rute dan mengelola sambungan telepon.
6.      Sepanjang tahun 1960, Leonard Kleinrock, Paul Baran, dan Donald Davies dikembangkan sendiri sistem jaringan yang digunakan paket untuk mentransfer informasi antara komputer melalui jaringan.
7.      Pada tahun 1965, Thomas Marill dan Lawrence G. Roberts menciptakan wide area network pertama (WAN). Ini adalah pendahulu langsung ke ARPANET, yang Roberts menjadi manajer program.
8.      Juga pada tahun 1965, Western Electric memperkenalkan telepon beralih banyak digunakan pertama yang menerapkan kontrol komputer yang benar.
9.      Pada tahun 1969 University of California di Los Angeles, Stanford Research Institute, University of California di Santa Barbara, dan University of Utah menjadi terhubung sebagai awal dari jaringan ARPANET menggunakan 50 kbit / s sirkuit.
10.  Pada tahun 1972 layanan komersial menggunakan X.25 dikerahkan, dan kemudian digunakan sebagai infrastruktur dasar untuk memperluas jaringan TCP / IP.
11.  Pada tahun 1973, Robert Metcalfe menulis memo resmi di Xerox PARC menggambarkan Ethernet, sistem jaringan yang didasarkan pada jaringan Aloha, yang dikembangkan pada tahun 1960 oleh Norman Abramson dan rekan-rekannya di University of Hawaii. Pada bulan Juli 1976, Robert Metcalfe dan David Boggs menerbitkan makalah mereka “Ethernet: Distributed Packet Switching Jaringan Komputer Lokal” [4] dan berkolaborasi pada beberapa paten yang diterima pada tahun 1977 dan 1978. Pada tahun 1979 Robert Metcalfe dikejar membuat Ethernet standar terbuka.
12.  Pada tahun 1976 John Murphy dari Datapoint Corporation menciptakan ARCNET, token-passing jaringan pertama digunakan untuk berbagi perangkat penyimpanan.
13.  Pada tahun 1995 kapasitas kecepatan transmisi untuk Ethernet meningkat dari 10 Mbit / s hingga 100 Mbit / s. Pada tahun 1998, Ethernet mendukung kecepatan transmisi Gigabit a. Kemampuan Ethernet untuk skala mudah (seperti cepat beradaptasi untuk mendukung kecepatan baru kabel serat optik) merupakan faktor yang berkontribusi terhadap terus menggunakan sebagai 2015.
Sifat Jaringan Komputer
Jaringan komputer dapat dianggap sebagai cabang dari teknik elektro, telekomunikasi, ilmu komputer, teknologi informasi atau teknik komputer, karena bergantung pada aplikasi teoritis dan praktis dari disiplin ilmu terkait.
Sebuah jaringan komputer memfasilitasi komunikasi interpersonal yang memungkinkan orang untuk berkomunikasi secara efisien dan mudah melalui email, instant messaging, chat room, telepon, telepon video, dan konferensi video. Menyediakan akses ke informasi pada perangkat penyimpanan bersama merupakan fitur penting dari banyak jaringan. Sebuah jaringan memungkinkan berbagi file, data, dan jenis-jenis informasi yang memberikan pengguna yang berwenang kemampuan untuk mengakses informasi yang tersimpan di komputer lain pada jaringan. Sebuah jaringan memungkinkan berbagi jaringan dan sumber daya komputasi. Pengguna dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang disediakan oleh perangkat pada jaringan, seperti mencetak dokumen pada printer jaringan bersama. Komputasi terdistribusi menggunakan sumber daya komputasi di jaringan untuk menyelesaikan tugas. Sebuah jaringan komputer dapat digunakan oleh Kerupuk komputer untuk menyebarkan virus komputer atau worm komputer pada perangkat yang terhubung ke jaringan, atau untuk mencegah perangkat ini mengakses jaringan (denial of service). Sebuah jaringan komputer yang rumit mungkin sulit untuk mengatur. Mungkin mahal untuk mendirikan sebuah jaringan komputer yang efektif dalam sebuah organisasi besar.
Paket Jaringan Komputer
Link komunikasi komputer yang tidak mendukung paket, seperti link tradisional point-to-point telekomunikasi, hanya mengirimkan data sebagai aliran bit. Namun, sebagian besar informasi dalam jaringan komputer dilakukan dalam paket. Sebuah paket jaringan unit diformat data (daftar bit atau byte, biasanya beberapa puluh byte untuk beberapa kilobita) dilakukan oleh jaringan packet-switched.
Dalam jaringan paket, data diformat menjadi paket-paket yang dikirim melalui jaringan ke tujuan mereka. Setelah paket tiba mereka disusun kembali menjadi pesan aslinya. Dengan paket, bandwidth media transmisi dapat lebih baik dibagi di antara pengguna daripada jika jaringan yang circuit switched. Ketika salah satu pengguna tidak mengirimkan paket, link bisa diisi dengan paket-paket dari pengguna lain, sehingga biaya dapat dibagi, dengan relatif sedikit gangguan, disediakan link tidak berlebihan.
Paket terdiri dari dua jenis data: kontrol informasi dan data pengguna (juga dikenal sebagai payload). Informasi kontrol menyediakan data jaringan perlu memberikan data pengguna, misalnya: sumber dan alamat tujuan jaringan, kode deteksi kesalahan, dan informasi sequencing. Biasanya, informasi kontrol ditemukan dalam paket header dan trailer, dengan data payload di antara.
Seringkali rute paket perlu mengambil melalui jaringan tidak segera tersedia. Dalam hal paket yang antri dan menunggu sampai link gratis.
topologi jaringan Komputer
Tata letak fisik jaringan biasanya kurang penting dibandingkan topologi yang menghubungkan node jaringan. Kebanyakan diagram yang menggambarkan jaringan fisik karena itu topologi, bukan geografis. Simbol pada diagram ini biasanya menunjukkan link jaringan dan node jaringan.
link jaringan Komputer
Media transmisi (sering disebut dalam literatur sebagai media fisik) yang digunakan untuk menghubungkan perangkat untuk membentuk jaringan komputer termasuk kabel listrik (Ethernet, HomePNA, komunikasi kabel listrik, G.hn), serat optik (komunikasi serat optik), dan gelombang radio (jaringan nirkabel). Dalam model OSI, ini pasti pada lapisan 1 dan 2 – lapisan fisik dan lapisan data link.
Sebuah keluarga diadopsi secara luas media transmisi yang digunakan dalam jaringan area lokal (LAN) teknologi secara kolektif dikenal sebagai Ethernet. Standar media dan protokol yang memungkinkan komunikasi antara perangkat jaringan over Ethernet didefinisikan oleh IEEE 802.3. Ethernet mentransmisikan data melalui tembaga dan kabel serat. Standar Wireless LAN (misalnya yang didefinisikan oleh IEEE 802.11) menggunakan gelombang radio, atau orang lain menggunakan sinyal inframerah sebagai media transmisi. Komunikasi Power line menggunakan bangunan pemasangan kabel listrik untuk mengirimkan data.
Teknologi Wired
Perintah teknologi kabel berikut, kira-kira, dari paling lambat ke kecepatan transmisi tercepat :
1.      Kabel Coaxial banyak digunakan untuk sistem televisi kabel, bangunan kantor, dan pekerjaan-situs lain untuk jaringan area lokal. Kabel terdiri dari tembaga atau aluminium kawat dikelilingi oleh lapisan isolasi (biasanya bahan yang fleksibel dengan konstan dielektrik yang tinggi), yang itu sendiri dikelilingi oleh lapisan konduktif. Isolasi membantu meminimalkan gangguan dan distorsi. Kecepatan transmisi berkisar dari 200 juta bit per detik menjadi lebih dari 500 juta bit per detik.
Description: jaringan komputer
jaringan Komputer
2.      Teknologi ITU-T G.hn menggunakan kabel rumah yang ada (kabel koaksial, saluran telepon dan kabel listrik) untuk menciptakan kecepatan tinggi (sampai dengan 1 Gigabit / s) jaringan area lokal.
3.      Kawat twisted pair adalah media yang paling banyak digunakan untuk semua telekomunikasi. Twisted-pair terdiri dari kabel tembaga yang dipelintir menjadi pasangan. Kabel telepon biasa terdiri dari dua kawat tembaga terisolasi dipelintir menjadi pasangan. Kabel jaringan komputer (kabel Ethernet seperti yang didefinisikan oleh IEEE 802.3) terdiri dari 4 pasang kabel tembaga yang dapat dimanfaatkan untuk kedua transmisi suara dan data. Penggunaan dua kawat memutar bersama-sama membantu untuk mengurangi crosstalk dan induksi elektromagnetik. Kecepatan transmisi berkisar 2 juta bit per detik menjadi 10 milyar bit per detik. Twisted pair datang dalam dua bentuk: unshielded twisted pair (UTP) dan terlindung twisted-pair (STP). Setiap bentuk datang dalam beberapa kategori penilaian, dirancang untuk digunakan dalam berbagai skenario.
4.      Serat optik adalah serat kaca. Ini membawa pulsa cahaya yang merepresentasikan data. Beberapa keuntungan dari serat optik melalui kabel logam adalah hilangnya transmisi yang sangat rendah dan kekebalan dari gangguan listrik. Serat optik secara bersamaan dapat membawa beberapa panjang gelombang cahaya, yang sangat meningkatkan tingkat bahwa data dapat dikirim, dan membantu memungkinkan kecepatan data hingga triliunan bit per detik. Serat optik dapat digunakan untuk berjalan panjang kabel yang membawa kecepatan data yang sangat tinggi, dan digunakan untuk kabel bawah laut untuk menghubungkan benua.
Harga merupakan faktor utama yang membedakan wired- dan nirkabel teknologi pilihan dalam bisnis. Pilihan Wireless perintah harga premium yang dapat membuat pembelian komputer kabel, printer dan perangkat lain keuntungan finansial. Sebelum membuat keputusan untuk membeli produk teknologi terprogram, review pembatasan dan keterbatasan pilihan yang diperlukan. Bisnis dan karyawan kebutuhan dapat menimpa pertimbangan biaya.
Teknologi nirkabel
1.      Terrestrial microwave – komunikasi microwave terestrial menggunakan pemancar berbasis Bumi dan penerima menyerupai piring satelit. Microwave terestrial berada di kisaran rendah-gigahertz, yang membatasi semua komunikasi untuk line-of-sight. Stasiun relay yang berjarak sekitar 48 km (30 mil) terpisah.
Description: Wireless_network - jaringan komputer
Wireless_network – jaringan komputer
2.      Satelit komunikasi – Satelit berkomunikasi melalui gelombang radio microwave, yang tidak dibelokkan oleh atmosfer bumi. Satelit ditempatkan dalam ruang, biasanya dalam orbit geosynchronous 35.400 km (22.000 mil) di atas khatulistiwa. Sistem mengorbit Bumi mampu menerima dan menyampaikan sinyal suara, data, dan TV.
3.      Selular dan PCS sistem menggunakan beberapa teknologi komunikasi radio. Sistem membagi wilayah tertutup menjadi beberapa wilayah geografis. Setiap daerah memiliki pemancar berdaya rendah atau radio perangkat antena relay untuk menyampaikan panggilan dari satu daerah ke daerah berikutnya.
4.      Radio dan spread spectrum teknologi – jaringan area lokal nirkabel menggunakan frekuensi tinggi teknologi radio yang mirip dengan digital selular dan frekuensi rendah teknologi radio. LAN nirkabel menggunakan teknologi spektrum tersebar yang memungkinkan komunikasi antara beberapa perangkat di daerah terbatas. IEEE 802.11 mendefinisikan rasa umum teknologi radio gelombang nirkabel standar terbuka yang dikenal sebagai Wifi.
5.      Ruang bebas komunikasi optik menggunakan cahaya tampak atau terlihat untuk komunikasi. Dalam kebanyakan kasus, line-of-sight propagasi yang digunakan, yang membatasi posisi fisik perangkat berkomunikasi.
teknologi eksotis
Ada berbagai upaya mengangkut data melalui media yang eksotis:
1.      IP lebih Avian Carriers adalah Minta April bodoh lucu untuk Komentar, diterbitkan sebagai RFC 1149. Hal ini diimplementasikan dalam kehidupan nyata pada tahun 2001.
2.      Memperluas Internet untuk dimensi antar melalui gelombang radio.
Kedua kasus memiliki besar waktu round-trip delay, yang memberikan komunikasi dua arah yang lambat, tetapi tidak mencegah pengiriman sejumlah besar informasi.
node jaringan Komputer
Terlepas dari media transmisi fisik mungkin ada, jaringan terdiri dari blok bangunan dasar sistem tambahan, seperti antarmuka jaringan controller (NIC), repeater, hub, bridge, switch, router, modem, dan firewall.
Antarmuka jaringan komputer
Sebuah kontroler antarmuka jaringan (NIC) adalah perangkat keras komputer yang menyediakan komputer dengan kemampuan untuk mengakses media transmisi, dan memiliki kemampuan untuk memproses informasi jaringan tingkat rendah. Misalnya NIC mungkin memiliki konektor untuk menerima kabel, atau udara untuk transmisi nirkabel dan penerimaan, dan sirkuit terkait.
NIC merespon lalu lintas yang ditujukan ke alamat jaringan untuk baik NIC atau komputer secara keseluruhan.
Dalam jaringan Ethernet, setiap kontroler antarmuka jaringan memiliki alamat-biasanya unik Media Access Control (MAC) yang tersimpan dalam memori permanen pengawas. Untuk menghindari konflik alamat antara perangkat jaringan, Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) memelihara dan mengelola alamat MAC keunikan. Ukuran alamat Ethernet MAC adalah enam oktet. Tiga oktet paling signifikan dicadangkan untuk mengidentifikasi produsen NIC. Produsen ini, hanya menggunakan prefiks mereka ditugaskan, unik menetapkan tiga oktet paling signifikan dari setiap antarmuka Ethernet yang mereka hasilkan.
Repeater dan hub
Sebuah repeater adalah perangkat elektronik yang menerima sinyal jaringan, membersihkannya kebisingan yang tidak perlu, dan melahirkan itu. Sinyal dipancarkan pada tingkat daya yang lebih tinggi, atau ke sisi lain dari obstruksi, sehingga sinyal dapat menutupi jarak yang lebih jauh tanpa degradasi. Dalam kebanyakan konfigurasi Ethernet twisted pair, repeater diperlukan untuk kabel yang panjangnya lebih dari 100 meter. Dengan serat optik, repeater bisa puluhan atau bahkan ratusan kilometer terpisah.
Sebuah repeater dengan beberapa port dikenal sebagai hub. Repeater bekerja pada lapisan fisik model OSI. Repeater memerlukan sedikit waktu untuk menumbuhkan sinyal. Hal ini dapat menyebabkan delay propagasi yang mempengaruhi kinerja jaringan. Akibatnya, banyak arsitektur jaringan membatasi jumlah repeater yang dapat digunakan dalam satu baris, misalnya, aturan Ethernet 5-4-3.
Hub sebagian besar telah usang oleh switch modern; namun repeater yang digunakan untuk link jarak jauh, terutama bawah kabel.
Jembatan Jaringan Komputer
Sebuah menghubungkan jembatan jaringan dan filter lalu lintas antara dua segmen jaringan di lapisan data link (layer 2) dari model OSI untuk membentuk jaringan tunggal. Ini istirahat collision domain jaringan tetapi tetap mempertahankan domain broadcast terpadu. Segmentasi jaringan rusak a, jaringan padat besar menjadi sebuah agregasi kecil, jaringan yang lebih efisien.
Jembatan datang dalam tiga tipe dasar:
1.      Jembatan lokal: Langsung menghubungkan LAN
2.      Terpencil jembatan: Dapat digunakan untuk membuat wide area network (WAN) hubungan antara LAN. Terpencil jembatan, di mana link yang menghubungkan lebih lambat daripada jaringan akhir, sebagian besar telah digantikan dengan router.
3.      Wireless jembatan: Dapat digunakan untuk bergabung LAN atau menghubungkan perangkat remote LAN.
Switch Jaringan Komputer
Sebuah switch jaringan adalah sebuah alat yang maju dan filter OSI layer 2 datagrams antara port berdasarkan pada alamat MAC dalam paket. Saklar berbeda dari hub di bahwa ia hanya meneruskan frame ke port fisik yang terlibat dalam komunikasi daripada semua port terhubung. Hal ini dapat dianggap sebagai multi-port bridge. Ia belajar untuk mengasosiasikan port fisik ke alamat MAC dengan memeriksa alamat sumber frame yang diterima. Jika tujuan yang tidak diketahui ditargetkan, switch siaran ke semua port tapi sumber. Switch biasanya memiliki banyak port, memfasilitasi topologi star untuk perangkat, dan Cascading switch tambahan.
Multi-layer switch mampu routing berdasarkan layer 3 atau tingkat logis tambahan. Saklar Istilah ini sering digunakan secara longgar untuk menyertakan perangkat seperti router dan jembatan, serta perangkat yang dapat mendistribusikan lalu lintas berdasarkan beban atau berdasarkan konten aplikasi (misalnya, identifier URL Web).
Router untuk Jaringan Komputer
Sebuah router adalah perangkat internetworking yang meneruskan paket antara jaringan dengan mengolah informasi routing termasuk dalam paket atau datagram (informasi protokol Internet dari layer 3). Informasi routing sering diolah dalam hubungannya dengan tabel routing (atau forwarding table). Router menggunakan tabel routing untuk menentukan di mana untuk meneruskan paket. (Sebuah tujuan dalam tabel routing dapat menyertakan “nol” antarmuka, juga dikenal sebagai “hitam lubang” antarmuka karena data bisa masuk ke dalamnya, namun, tidak ada proses lebih lanjut dilakukan untuk mengatakan data.)
Modem untuk Jaringan Komputer
Modem (modulator-demodulator) yang digunakan untuk menghubungkan node jaringan melalui kawat tidak awalnya dirancang untuk lalu lintas jaringan digital, atau wireless. Untuk melakukan hal ini satu atau lebih frekuensi yang dimodulasi oleh sinyal digital untuk menghasilkan sinyal analog yang dapat disesuaikan untuk memberikan sifat yang diperlukan untuk transmisi. Modem biasanya digunakan untuk saluran telepon, menggunakan teknologi Digital Subscriber Line
Firewall untuk Jaringan Komputer
Firewall adalah perangkat jaringan untuk mengendalikan keamanan jaringan dan akses aturan. Firewall biasanya dikonfigurasi untuk menolak permintaan akses dari sumber yang belum diakui sementara memungkinkan tindakan dari yang diakui. Firewall peran penting bermain dalam jaringan keamanan tumbuh secara paralel dengan peningkatan konstan dalam serangan cyber.
struktur jaringan komputer
Topologi jaringan adalah tata letak atau hirarki organisasi node saling berhubungan dari jaringan komputer. Topologi jaringan yang berbeda dapat mempengaruhi throughput, tapi kehandalan sering lebih penting. Dengan banyak teknologi, seperti jaringan bus, kegagalan tunggal dapat menyebabkan jaringan gagal seluruhnya. Secara umum semakin banyak interkoneksi ada, semakin kuat jaringan; tetapi lebih mahal itu adalah untuk menginstal.
Layout umum
Layout yang umum adalah:
1.      Sebuah jaringan bus: semua node yang terhubung ke media umum di sepanjang media ini. Ini adalah tata letak yang digunakan dalam Ethernet asli, disebut 10BASE5 dan 10BASE2.
2.      Sebuah jaringan bintang: semua node terhubung ke node pusat khusus. Ini adalah tata letak yang khas ditemukan dalam Wireless LAN, di mana setiap klien nirkabel terhubung ke titik akses nirkabel pusat.
3.      Sebuah jaringan cincin: setiap node terhubung ke node tetangga kiri dan kanan, sehingga semua node yang terhubung dan bahwa setiap node dapat mencapai setiap node lain dengan melintasi node kiri-atau ke sebelah kanan. Fiber Distributed Data Interface (FDDI) memanfaatkan topologi tersebut.
4.      Sebuah jaringan jala: setiap node terhubung ke jumlah sewenang-wenang tetangga sedemikian rupa bahwa ada setidaknya satu traversal dari setiap node ke yang lain.
5.      Sebuah jaringan yang terhubung sepenuhnya: setiap node terhubung ke setiap node lainnya dalam jaringan.
6.      Sebuah jaringan pohon: node yang disusun secara hierarkis.
Perhatikan bahwa tata letak fisik dari node dalam sebuah jaringan mungkin tidak selalu mencerminkan topologi jaringan. Sebagai contoh, dengan FDDI, topologi jaringan cincin (sebenarnya dua counter-rotating cincin), tapi topologi fisik sering bintang, karena semua koneksi tetangga dapat dialihkan melalui lokasi fisik pusat.
overlay Jaringan Komputer
Sebuah jaringan overlay adalah jaringan komputer virtual yang dibangun di atas jaringan lain. Node dalam jaringan overlay dihubungkan dengan link virtual atau logis. Setiap link sesuai dengan jalan, mungkin melalui banyak link fisik, dalam jaringan yang mendasarinya. Topologi jaringan overlay dapat (dan sering) berbeda dari yang satu yang mendasari. Sebagai contoh, banyak jaringan peer-to-peer adalah jaringan overlay. Mereka terorganisir sebagai simpul dari sistem virtual link yang berjalan di atas Internet.
Jaringan overlay telah ada sejak penemuan jaringan ketika sistem komputer yang terhubung melalui saluran telepon dengan menggunakan modem, sebelum jaringan data yang ada.
Contoh yang paling mencolok dari jaringan overlay adalah internet itu sendiri. Internet itu sendiri awalnya dibangun sebagai overlay pada jaringan telepon. [11] Bahkan saat ini, pada lapisan jaringan, setiap node dapat mencapai setiap lain dengan koneksi langsung ke alamat IP yang diinginkan, sehingga menciptakan jaringan yang terhubung sepenuhnya. Jaringan yang mendasarinya, bagaimanapun, terdiri dari interkoneksi mesh seperti sub-jaringan dari berbagai topologi (dan teknologi). Resolusi alamat dan routing adalah sarana yang memungkinkan pemetaan jaringan overlay IP sepenuhnya terhubung ke jaringan yang mendasarinya.
Contoh lain dari jaringan overlay adalah tabel hash didistribusikan, yang memetakan kunci node dalam jaringan. Dalam hal ini, jaringan yang mendasarinya adalah jaringan IP, dan jaringan overlay adalah tabel (sebenarnya peta) diindeks oleh kunci.
Jaringan overlay juga telah diusulkan sebagai cara untuk meningkatkan Internet routing, seperti melalui kualitas jaminan layanan untuk mencapai kualitas yang lebih tinggi media streaming. Proposal sebelumnya seperti IntServ, DiffServ, dan IP Multicast belum melihat penerimaan luas terutama karena mereka memerlukan modifikasi dari semua router dalam jaringan. [Rujukan?] Di sisi lain, jaringan overlay dapat secara bertahap digunakan pada akhir-host menjalankan perangkat lunak protokol overlay, tanpa kerjasama dari penyedia layanan Internet. Jaringan overlay tidak memiliki kontrol atas bagaimana paket diarahkan dalam jaringan yang mendasari antara dua node overlay, tetapi dapat mengontrol, misalnya, urutan node overlay yang pesan melintasi sebelum mencapai tujuan.
Sebagai contoh, Akamai Technologies mengelola jaringan overlay yang menyediakan handal, pengiriman konten efisien (semacam multicast). Penelitian akademik meliputi end sistem multicast, tangguh routing dan kualitas penelitian layanan, antara lain.
Protokol komunikasi
Sebuah protokol komunikasi adalah seperangkat aturan untuk bertukar informasi melalui link jaringan. Dalam tumpukan protokol (lihat juga model OSI), masing-masing protokol memanfaatkan layanan dari protokol di bawahnya. Sebuah contoh penting dari tumpukan protokol HTTP (World Wide Web protocol) yang berjalan di atas TCP over IP (protokol internet) atas IEEE 802.11 (protokol Wi-Fi). Tumpukan ini digunakan antara router nirkabel dan komputer pribadi pengguna rumah ketika pengguna berselancar di web.
Sementara penggunaan protokol layering saat ini di mana-mana di seluruh bidang jaringan komputer, sejarah telah dikritik oleh banyak peneliti [13] karena dua alasan utama. Pertama, abstrak protokol stack dengan cara ini dapat menyebabkan lapisan yang lebih tinggi untuk menduplikasi fungsi dari lapisan yang lebih rendah, misalnya saja pemulihan kesalahan pada kedua basis per-link dan secara end-to-end. [14] Kedua, umum bahwa implementasi protokol pada satu lapisan mungkin memerlukan data, negara atau informasi pengalamatan yang hanya hadir di lapisan lain, sehingga mengalahkan titik memisahkan lapisan di tempat pertama. Sebagai contoh, TCP menggunakan lapangan ECN di header IPv4 sebagai indikasi kemacetan; IP adalah protokol lapisan jaringan sedangkan TCP adalah protokol lapisan transport.
Protokol komunikasi memiliki berbagai karakteristik. Mereka mungkin connection-oriented atau connectionless, mereka dapat menggunakan modus rangkaian atau packet switching, dan mereka dapat menggunakan hirarkis menangani atau flat menangani.
IEEE 802
Lengkap IEEE 802 protokol menyediakan beragam rangkaian kemampuan jaringan. Protokol memiliki skema pengalamatan datar. Mereka beroperasi sebagian besar pada tingkat 1 dan 2 dari model OSI.
Sebagai contoh, MAC menjembatani (IEEE 802.1D) berkaitan dengan routing paket Ethernet menggunakan Spanning Tree Protocol. IEEE 802.1Q VLAN menjelaskan, dan IEEE 802.1X mendefinisikan protokol Network Access Control berbasis port, yang merupakan dasar untuk mekanisme otentikasi yang digunakan dalam VLAN (tetapi juga ditemukan dalam WLAN) – itu adalah apa yang pengguna rumahan melihat ketika pengguna harus memasukkan “kunci akses nirkabel”.
Ethernet – Ethernet, kadang-kadang hanya disebut LAN, adalah keluarga protokol yang digunakan dalam LAN kabel, dijelaskan oleh satu set standar bersama-sama disebut IEEE 802.3 yang diterbitkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers.
Wireless LAN, juga dikenal sebagai WLAN atau WiFi, mungkin adalah anggota paling terkenal dari IEEE 802 protokol keluarga untuk pengguna rumah hari ini. Hal yang diukur dengan IEEE 802.11 dan saham banyak properti dengan kabel Ethernet.
Internet Protocol Suite, juga disebut TCP / IP, adalah dasar dari semua jaringan modern. Ini menawarkan koneksi-kurang serta layanan yang berorientasi koneksi melalui jaringan inheren tidak dapat diandalkan dilalui oleh transmisi data-gram pada protokol Internet (IP) tingkat. Pada intinya, protokol mendefinisikan pengalamatan, identifikasi, dan spesifikasi routing Internet Protocol Version 4 (IPv4) dan IPv6, generasi berikutnya dari protokol dengan kemampuan menangani diperbesar banyak.
Jaringan Synchronous optik (SONET) dan Synchronous Digital Hierarchy (SDH) adalah protokol multiplexing standar yang mentransfer beberapa aliran bit digital melalui serat optik menggunakan laser. Mereka awalnya dirancang untuk mengangkut modus sirkuit komunikasi dari berbagai sumber yang berbeda, terutama untuk mendukung real-time, tidak dikompresi, circuit-switched suara dikodekan dalam PCM (Pulse-Code Modulation) format. Namun, karena netralitas protokol dan fitur transportasi berorientasi, SONET / SDH juga adalah pilihan yang jelas untuk mengangkut Asynchronous Transfer Mode (ATM) frame.
Asynchronous Transfer Mode (ATM) adalah teknik switching untuk jaringan telekomunikasi. Menggunakan asynchronous time-division multiplexing dan encode data ke dalam kecil, sel berukuran tetap. Ini berbeda dari protokol lain seperti Internet Protocol Suite atau Ethernet yang menggunakan paket berukuran variabel atau frame. ATM memiliki kesamaan dengan kedua sirkuit dan packet switched jaringan. Hal ini membuat pilihan yang baik untuk jaringan yang harus menangani keduanya lalu lintas tradisional tinggi-throughput data, dan real-time, konten-latency rendah seperti suara dan video. ATM menggunakan model berorientasi koneksi yang sirkuit virtual harus dibentuk antara dua endpoint sebelum pertukaran data yang sebenarnya dimulai.
Sementara peran ATM berkurang mendukung jaringan generasi mendatang, masih memainkan peran di mil terakhir, yang merupakan hubungan antara penyedia layanan Internet dan pengguna rumah.
skala geografis
Sebuah jaringan dapat ditandai dengan kemampuan fisik atau tujuan organisasi. Gunakan jaringan, termasuk otorisasi pengguna dan hak akses, berbeda sesuai.
Sebuah jaringan komunikasi nano memiliki komponen utama dilaksanakan pada skala nano termasuk operator pesan dan memanfaatkan prinsip-prinsip fisik yang berbeda dari mekanisme komunikasi macroscale. Komunikasi nano meluas komunikasi untuk sensor yang sangat kecil dan aktuator seperti yang ditemukan dalam sistem biologis dan juga cenderung untuk beroperasi di lingkungan yang akan menjadi terlalu keras untuk komunikasi klasik.
personal area network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat teknologi komputer dan informasi yang berbeda dekat dengan satu orang. Beberapa contoh perangkat yang digunakan dalam PAN adalah komputer pribadi, printer, mesin fax, telepon, PDA, scanner, dan konsol permainan bahkan video. Sebuah PAN mungkin termasuk perangkat kabel dan nirkabel. Jangkauan dari PAN biasanya meluas ke 10 meter. [17] Sebuah PAN kabel biasanya dibangun dengan USB dan FireWire koneksi sementara teknologi seperti Bluetooth dan komunikasi inframerah biasanya membentuk PAN nirkabel.
jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan yang menghubungkan komputer dan perangkat di wilayah geografis terbatas seperti rumah, sekolah, gedung perkantoran, atau kelompok diposisikan dekat bangunan. Setiap komputer atau perangkat pada jaringan adalah node. LAN kabel kemungkinan besar didasarkan pada teknologi Ethernet. Standar baru seperti ITU-T G.hn juga menyediakan cara untuk membuat LAN kabel menggunakan kabel yang ada, seperti kabel koaksial, saluran telepon, dan kabel listrik.
Semua perangkat saling menggunakan lapisan jaringan (lapisan 3) untuk menangani beberapa subnet (diwakili oleh warna yang berbeda). Mereka dalam perpustakaan memiliki koneksi 10/100 Mbit / s Ethernet ke perangkat pengguna dan koneksi Gigabit Ethernet ke router pusat. Mereka bisa disebut Layer 3 switch, karena mereka hanya memiliki antarmuka Ethernet dan mendukung Internet Protocol. Mungkin lebih tepat untuk memanggil mereka akses router, di mana router di atas adalah router distribusi yang terhubung ke Internet dan ke router akses pelanggan jaringan akademis ‘.
Ciri-ciri tertentu dari LAN, berbeda dengan wide area network (WAN), termasuk kecepatan data yang lebih tinggi transfer jangkauan geografis yang terbatas, dan kurangnya ketergantungan pada leased line untuk menyediakan konektivitas. Ethernet saat ini atau IEEE 802.3 teknologi LAN beroperasi pada kecepatan transfer data hingga 10 Gbit / s. IEEE menyelidiki standarisasi 40 dan 100 Gb / s tarif. Sebuah LAN dapat dihubungkan ke WAN menggunakan router.
jaringan area rumah (HAN) adalah LAN perumahan yang digunakan untuk komunikasi antar perangkat digital biasanya digunakan di rumah, biasanya sejumlah kecil komputer pribadi dan aksesoris, seperti printer dan perangkat komputasi mobile. Fungsi penting adalah berbagi akses internet, seringkali layanan broadband melalui TV kabel atau digital subscriber line (DSL) provider.
jaringan area penyimpanan (SAN) adalah jaringan khusus yang menyediakan akses ke konsolidasi, blok tingkat penyimpanan data. SAN terutama digunakan untuk membuat perangkat penyimpanan, seperti array disk, tape libraries, dan jukebox optik, dapat diakses oleh server sehingga perangkat muncul seperti perangkat yang terpasang secara lokal ke sistem operasi. Sebuah SAN biasanya memiliki jaringan sendiri perangkat penyimpanan yang umumnya tidak dapat diakses melalui daerah jaringan lokal oleh perangkat lain. Biaya dan kompleksitas SAN jatuh di awal 2000-an ke tingkat yang memungkinkan adopsi yang lebih luas di kedua perusahaan dan kecil untuk lingkungan bisnis menengah.
jaringan area kampus (CAN) terdiri dari interkoneksi LAN dalam wilayah geografis yang terbatas. Peralatan jaringan (switch, router) dan media transmisi (serat optik, pabrik tembaga, CAT5 kabel, dll) hampir seluruhnya dimiliki oleh kampus penyewa / pemilik (perusahaan, universitas, pemerintah, dll).
Sebagai contoh, sebuah jaringan kampus universitas kemungkinan untuk menghubungkan berbagai bangunan kampus untuk menghubungkan perguruan tinggi akademis atau departemen, perpustakaan, dan asrama mahasiswa.
jaringan backbone merupakan bagian dari infrastruktur jaringan komputer yang menyediakan jalur untuk pertukaran informasi antara LAN yang berbeda atau sub-jaringan. Sebuah backbone dapat mengikat jaringan bersama-sama beragam dalam gedung yang sama, di bangunan yang berbeda, atau di wilayah yang luas.
Sebagai contoh, sebuah perusahaan besar mungkin menerapkan jaringan backbone untuk menghubungkan departemen yang berada di seluruh dunia. Peralatan yang mengikat bersama-sama jaringan departemen merupakan tulang punggung jaringan. Ketika merancang jaringan backbone, kinerja jaringan dan kepadatan jaringan merupakan faktor penting untuk memperhitungkan. Biasanya, kapasitas jaringan backbone adalah lebih besar dari jaringan individu yang terhubung.
Contoh lain dari jaringan backbone adalah tulang punggung Internet, yang merupakan seperangkat jaringan luas wilayah (WAN) dan router inti yang mengikat bersama semua jaringan yang terhubung ke Internet.
Jaringan area metropolitan (MAN) adalah jaringan komputer besar yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus yang besar.
jaringan wilayah luas (WAN) adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis yang luas, seperti kota, negara, atau mencakup jarak bahkan antarbenua. Sebuah WAN menggunakan saluran komunikasi yang menggabungkan berbagai jenis media seperti saluran telepon, kabel, dan gelombang udara. Sebuah WAN sering memanfaatkan fasilitas transmisi yang disediakan oleh angkutan umum, seperti perusahaan telepon. Teknologi WAN umumnya fungsi di bawah tiga lapisan dari model referensi OSI: lapisan fisik, lapisan data link, dan lapisan jaringan.
perusahaan jaringan pribadi adalah jaringan yang satu organisasi membangun untuk menghubungkan lokasi kantornya di (misalnya, lokasi produksi, kantor pusat, kantor jauh, toko) sehingga mereka dapat berbagi sumber daya komputer.
virtual private network (VPN) adalah jaringan overlay di mana beberapa link antara node yang dibawa oleh sambungan terbuka atau virtual circuit di beberapa jaringan yang lebih besar (misalnya, Internet) dan bukannya dengan kabel fisik. Protokol lapisan data link dari jaringan virtual dikatakan terowongan melalui jaringan yang lebih besar ketika hal ini terjadi. Salah satu aplikasi umum adalah komunikasi yang aman melalui Internet publik, tetapi VPN tidak perlu memiliki fitur keamanan eksplisit, seperti otentikasi atau enkripsi konten. VPN, misalnya, dapat digunakan untuk memisahkan lalu lintas masyarakat pengguna yang berbeda melalui jaringan yang mendasari dengan fitur keamanan yang kuat.
VPN mungkin memiliki kinerja terbaik usaha, atau mungkin memiliki perjanjian tingkat layanan yang ditetapkan (SLA) antara pelanggan VPN dan penyedia layanan VPN. Umumnya, VPN memiliki topologi yang lebih kompleks daripada point-to-point.
jaringan area global (GAN) adalah jaringan yang digunakan untuk mendukung mobile di seluruh jumlah sewenang-wenang LAN nirkabel, area jangkauan satelit, dll tantangan utama dalam komunikasi mobile menyerahkan off komunikasi pengguna dari satu daerah cakupan lokal ke depan. Dalam Proyek IEEE 802, ini melibatkan suksesi LAN nirkabel terestrial.
lingkup organisasi jaringan komputer
Jaringan biasanya dikelola oleh organisasi yang memiliki mereka. Jaringan perusahaan swasta dapat menggunakan kombinasi intranet dan extranet. Mereka juga dapat memberikan akses jaringan ke Internet, yang tidak memiliki pemilik tunggal dan memungkinkan konektivitas global yang hampir tak terbatas.
intranet adalah seperangkat jaringan yang berada di bawah kendali entitas administratif. Intranet menggunakan protokol IP dan alat berbasis IP seperti web browser dan aplikasi transfer file. Batas entitas administratif menggunakan intranet para penggunanya resmi. Paling umum, intranet adalah LAN internal organisasi. Sebuah intranet besar biasanya memiliki setidaknya satu web server untuk menyediakan pengguna dengan informasi organisasi. Sebuah intranet juga apa-apa di belakang router pada jaringan area lokal.
extranet merupakan jaringan yang juga di bawah kendali administrasi organisasi tunggal, tetapi mendukung koneksi terbatas ke jaringan eksternal tertentu. Sebagai contoh, sebuah organisasi dapat memberikan akses ke beberapa aspek intranet untuk berbagi data dengan mitra bisnis atau pelanggan. Ini entitas lain belum tentu dipercaya dari sudut pandang keamanan. Koneksi jaringan ke extranet sering, namun tidak selalu, dilaksanakan melalui teknologi WAN.
internetwork adalah hubungan antara beberapa jaringan komputer melalui teknologi routing umum menggunakan router.
Internet merupakan contoh terbesar dari sebuah internetwork. Ini adalah sebuah sistem global yang saling berhubungan pemerintah, akademisi, perusahaan, masyarakat, dan jaringan komputer pribadi. Hal ini didasarkan pada teknologi jaringan Internet Protocol Suite. Ini adalah penerus dari Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET) yang dikembangkan oleh DARPA dari Amerika Serikat Departemen Pertahanan. Internet juga merupakan tulang punggung komunikasi yang mendasari World Wide Web (WWW).
Peserta Internet menggunakan beragam metode beberapa ratus didokumentasikan, dan sering standar, protokol yang kompatibel dengan Internet Protocol Suite dan sistem pengalamatan (alamat IP) dikelola oleh pendaftar Internet Assigned Numbers Authority dan alamat. Penyedia layanan dan perusahaan besar bertukar informasi tentang reachability ruang alamat mereka melalui Border Gateway Protocol (BGP), membentuk mesh di seluruh dunia berlebihan jalur transmisi.
Darknet merupakan jaringan overlay, biasanya berjalan di internet, yang hanya dapat diakses melalui perangkat lunak khusus. Sebuah darknet adalah jaringan anonymi mana sambungan dibuat hanya antara rekan-rekan terpercaya – kadang-kadang disebut “teman” (F2F) [21] – menggunakan protokol non-standar dan port.
Darknets berbeda dari jaringan terdistribusi peer-to-peer sharing anonim (yaitu, alamat IP yang tidak dibagi secara publik), dan karena itu pengguna dapat berkomunikasi dengan sedikit takut campur tangan pemerintah atau perusahaan.
Routing adalah proses pemilihan jalur jaringan untuk membawa lalu lintas jaringan. Routing dilakukan untuk berbagai jenis jaringan, termasuk sirkuit beralih jaringan dan packet switched.
Dalam packet switched jaringan, routing yang mengarahkan paket forwarding (transit logis ditujukan paket jaringan dari sumber mereka terhadap tujuan akhir mereka) melalui node intermediate. Intermediate node biasanya perangkat keras jaringan seperti router, jembatan, gateway, firewall, atau switch. Tujuan umum komputer dapat juga meneruskan paket dan melakukan routing, meskipun mereka tidak hardware khusus dan mungkin menderita dari kinerja terbatas. Proses routing biasanya mengarahkan forwarding berdasarkan tabel routing, yang mempertahankan catatan rute ke berbagai tujuan jaringan. Dengan demikian, membangun tabel routing, yang diadakan di memori router, sangat penting untuk routing yang efisien. Kebanyakan algoritma routing yang menggunakan hanya satu jalur jaringan pada suatu waktu. Multipath teknik routing memungkinkan penggunaan beberapa jalur alternatif.
Biasanya ada beberapa rute yang bisa diambil, dan untuk memilih antara mereka, unsur-unsur yang berbeda dapat dianggap untuk menentukan rute bisa diinstal ke dalam tabel routing, seperti (diurutkan berdasarkan prioritas):
1.      Awalan-Length: di mana subnet mask panjang lebih disukai (independen jika itu dalam protokol routing atau melalui protokol routing yang berbeda)
2.      Metrik: di mana metrik / biaya yang lebih rendah lebih disukai (hanya berlaku dalam satu dan protokol routing yang sama)
3.      Administrative distance: di mana jarak yang lebih rendah lebih disukai (hanya berlaku antara protokol routing yang berbeda)
Routing, dalam arti yang lebih sempit istilah, sering dibandingkan dengan bridging dalam asumsi bahwa alamat jaringan yang terstruktur dan bahwa alamat yang sama menyiratkan kedekatan dalam jaringan. Alamat terstruktur memungkinkan entri tabel routing tunggal untuk mewakili rute ke sekelompok perangkat. Dalam jaringan yang besar, terstruktur pengalamatan (routing, dalam arti sempit) melebihi terstruktur menangani (bridging). Routing telah menjadi bentuk dominan menangani di Internet. Bridging masih banyak digunakan dalam lingkungan lokal.
layanan jaringan Komputer
Layanan jaringan adalah aplikasi host oleh server pada jaringan komputer, untuk menyediakan beberapa fungsi untuk anggota atau pengguna jaringan, atau untuk membantu jaringan itu sendiri untuk beroperasi.
World Wide Web, E-mail, pencetakan dan file sharing jaringan adalah contoh dari layanan jaringan terkenal. Layanan jaringan seperti DNS (Domain Name System) memberikan nama untuk IP dan MAC address (orang ingat nama-nama seperti “nm.lan” lebih baik daripada nomor seperti “210.121.67.18”), dan DHCP untuk memastikan bahwa peralatan pada jaringan memiliki alamat IP yang valid.
Layanan biasanya didasarkan pada protokol layanan yang mendefinisikan format dan urutan pesan antara klien dan server itu layanan jaringan.
Kinerja jaringan
Kualitas layanan
Tergantung pada persyaratan instalasi, kinerja jaringan biasanya diukur oleh kualitas layanan produk telekomunikasi. Parameter yang mempengaruhi hal ini biasanya dapat mencakup throughput, jitter, tingkat kesalahan bit dan latency.
Daftar berikut memberikan contoh ukuran kinerja jaringan untuk jaringan circuit-switched dan satu jenis jaringan paket-switched, yaitu. ATM:
1.      Jaringan circuit-switched: Dalam circuit switched jaringan, kinerja jaringan ini identik dengan kelas layanan. Jumlah panggilan ditolak adalah ukuran seberapa baik kinerja jaringan di bawah beban lalu lintas yang padat. Jenis lain dari ukuran kinerja dapat mencakup tingkat kebisingan dan gema.
2.      ATM: Dalam Asynchronous Transfer Mode (ATM) jaringan, kinerja dapat diukur dengan tingkat garis, kualitas layanan (QoS), throughput data, koneksi waktu, stabilitas, teknologi, teknik modulasi dan perangkat modem.
Ada banyak cara untuk mengukur kinerja jaringan, karena masing-masing jaringan berbeda di alam dan desain. Kinerja juga dapat dimodelkan bukan diukur. Sebagai contoh, diagram transisi sering digunakan untuk model kinerja antrian dalam jaringan circuit-switched. Perencana jaringan menggunakan diagram tersebut untuk menganalisis bagaimana jaringan melakukan di setiap negara, memastikan bahwa jaringan dirancang secara optimal.
Kemacetan jaringan terjadi ketika link atau node membawa begitu banyak data yang kualitas pelayanan memburuk. Efek khas termasuk antrian delay, packet loss atau pemblokiran sambungan baru. Konsekuensi dari ini dua terakhir adalah bahwa terjadi peningkatan yang ditawarkan beban menyebabkan baik hanya untuk peningkatan kecil dalam throughput jaringan, atau pengurangan yang sebenarnya dalam throughput jaringan.
Protokol jaringan yang menggunakan transmisi ulang agresif untuk mengkompensasi hilangnya paket cenderung untuk menjaga sistem dalam keadaan jaringan kemacetan-bahkan setelah beban awal berkurang ke tingkat yang tidak biasanya menyebabkan kemacetan jaringan. Dengan demikian, jaringan yang menggunakan protokol ini dapat menunjukkan dua negara stabil di bawah tingkat yang sama beban. Negara yang stabil dengan throughput rendah dikenal sebagai keruntuhan kongestif.
Jaringan modern menggunakan kontrol kemacetan dan menghindari kemacetan teknik untuk mencoba untuk menghindari runtuhnya kemacetan. Ini termasuk: backoff eksponensial dalam protokol seperti 802.11 yang CSMA / CA dan Ethernet asli, pengurangan jendela TCP, dan antrian wajar dalam perangkat seperti router. Metode lain untuk menghindari efek negatif dari kemacetan jaringan menerapkan skema prioritas, sehingga beberapa paket yang dikirimkan dengan prioritas yang lebih tinggi daripada yang lain. Skema prioritas tidak memecahkan kemacetan jaringan sendiri, tetapi mereka membantu untuk mengurangi efek kemacetan untuk beberapa layanan. Contoh dari hal ini adalah 802.1p. Metode ketiga untuk menghindari kemacetan jaringan alokasi eksplisit sumber daya jaringan untuk arus tertentu. Salah satu contoh dari hal ini adalah penggunaan Contention-Free Transmisi Peluang (CFTXOPs) dalam standar ITU-T G.hn, yang menyediakan kecepatan tinggi (hingga 1 Gbit / s) Local area jaringan melalui kabel rumah yang ada (saluran listrik, saluran telepon dan kabel koaksial).
Untuk RFC Internet 2914 membahas subjek kontrol kongesti secara rinci.
Ketahanan jaringan “kemampuan untuk menyediakan dan memelihara tingkat yang dapat diterima layanan dalam menghadapi kesalahan dan tantangan untuk operasi normal.
Keamanan jaringan Komputer terdiri dari ketentuan dan kebijakan akuntansi yang diterapkan oleh administrator jaringan untuk mencegah dan memonitor akses yang tidak sah, penyalahgunaan, modifikasi, atau penolakan jaringan komputer dan sumber daya jaringan yang dapat diakses nya. Jaringan keamanan otorisasi akses ke data dalam jaringan, yang dikendalikan oleh administrator jaringan. Pengguna ditugaskan ID dan password yang memungkinkan mereka akses ke informasi dan program-program sesuai dengan kewenangannya. Keamanan jaringan yang digunakan pada berbagai jaringan komputer, baik negeri maupun swasta, untuk mengamankan transaksi dan komunikasi sehari-hari di kalangan bisnis, instansi pemerintah dan individu.
surveilans jaringan Komputer
Surveilans jaringan pemantauan data yang ditransfer melalui jaringan komputer seperti Internet. Pemantauan ini sering dilakukan diam-diam dan dapat dilakukan oleh atau atas perintah pemerintah, oleh perusahaan, organisasi kriminal, atau individu. Ini mungkin atau mungkin tidak sah dan mungkin atau mungkin tidak memerlukan otorisasi dari pengadilan atau lembaga independen lainnya.
Komputer dan jaringan surveilans program tersebar luas saat ini, dan hampir semua lalu lintas internet atau mungkin bisa dipantau petunjuk untuk kegiatan ilegal.
Surveilans sangat berguna untuk pemerintah dan penegak hukum untuk mempertahankan kontrol sosial, mengenali dan memonitor ancaman, dan mencegah / menyelidiki aktivitas kriminal. Dengan munculnya program-program seperti program Total Informasi Kesadaran, teknologi seperti pengawasan kecepatan tinggi komputer dan perangkat lunak biometrik, dan undang-undang seperti Komunikasi Bantuan Untuk Penegakan Hukum UU, pemerintah sekarang memiliki kemampuan belum pernah terjadi sebelumnya untuk memantau aktivitas warga.
Namun, banyak hak-hak sipil dan privasi kelompok-seperti Reporters Without Borders, Electronic Frontier Foundation, dan perhatian American Civil Liberties Union-telah menyatakan bahwa peningkatan pengawasan warga dapat menyebabkan masyarakat pengawasan massa, dengan kebebasan politik dan pribadi yang terbatas. Ketakutan seperti ini telah menyebabkan banyak tuntutan hukum seperti Hepting v. AT & T.The hacktivist kelompok Anonymous telah menyusup ke situs web pemerintah sebagai protes terhadap apa yang dianggap “pengawasan kejam”
End-to-end enkripsi (E2EE) adalah komunikasi paradigma digital perlindungan terganggu data perjalanan antara dua pihak yang berkomunikasi. Ini melibatkan pihak berasal mengenkripsi data sehingga hanya penerima pesan yang dituju dapat mendekripsi itu, tanpa ketergantungan pada pihak ketiga. End-to-end enkripsi mencegah perantara, seperti penyedia internet atau penyedia layanan aplikasi, dari menemukan atau merusak komunikasi. End-to-end enkripsi umumnya melindungi baik kerahasiaan dan integritas.
Contoh end-to-end enkripsi termasuk PGP untuk email, OTR untuk instant messaging, ZRTP untuk telepon, dan TETRA untuk radio.
Sistem komunikasi berbasis server biasa tidak termasuk end-to-end enkripsi. Sistem ini hanya dapat menjamin perlindungan komunikasi antara klien dan server, bukan antara pihak-pihak berkomunikasi sendiri. Contoh sistem non-E2EE adalah Google Talk, Yahoo Messenger, Facebook, dan Dropbox. Beberapa sistem seperti itu, misalnya LavaBit dan SecretInk, bahkan menggambarkan diri mereka sebagai menawarkan “end-to-end” enkripsi ketika mereka tidak. Beberapa sistem yang biasanya menawarkan end-to-end enkripsi telah ternyata mengandung pintu belakang yang merongrong negosiasi kunci enkripsi antara pihak yang berkomunikasi, misalnya Skype.
Paradigma enkripsi end-to-end tidak langsung mengatasi risiko pada komunikasi endpoint sendiri, seperti eksploitasi teknis klien, kualitas buruk pembangkit angka acak, atau escrow kunci. E2EE juga tidak membahas analisis lalu lintas, yang berkaitan dengan hal-hal seperti identitas titik akhir dan waktu dan jumlah pesan yang dikirim.
Pemandangan jaringan Komputer
Pengguna dan administrator jaringan biasanya memiliki pandangan yang berbeda dari jaringan mereka. Pengguna dapat berbagi printer dan beberapa server dari workgroup, yang biasanya berarti mereka berada di lokasi geografis yang sama dan berada di LAN yang sama, sedangkan Administrator Jaringan bertanggung jawab untuk menjaga jaringan yang berdiri dan berjalan. Sebuah komunitas yang menarik memiliki kurang dari koneksi berada di area lokal, dan harus dianggap sebagai satu set pengguna sewenang-wenang terletak yang berbagi satu set server, dan mungkin juga berkomunikasi melalui peer-to-peer teknologi.
Administrator jaringan dapat melihat jaringan dari kedua perspektif fisik dan logis. Perspektif fisik melibatkan lokasi geografis, kabel fisik, dan elemen-elemen jaringan (misalnya, router, jembatan dan lapisan aplikasi gateway) yang interkoneksi melalui media transmisi. Jaringan logis, yang disebut, dalam arsitektur TCP / IP, subnet, peta ke satu atau lebih medium transmisi. Sebagai contoh, sebuah praktek umum di kampus bangunan adalah untuk membuat satu set kabel LAN di setiap bangunan tampak subnet umum, menggunakan virtual (VLAN) teknologi LAN.
Kedua pengguna dan administrator sadar, untuk berbagai luasan, kepercayaan dan ruang lingkup karakteristik jaringan. Sekali lagi menggunakan TCP / IP terminologi arsitektur, intranet adalah sebuah komunitas yang menarik di bawah pemerintahan swasta biasanya oleh suatu perusahaan, dan hanya dapat diakses oleh pengguna yang berwenang (misalnya karyawan). Intranet tidak harus terhubung ke Internet, tetapi umumnya memiliki koneksi yang terbatas. Extranet merupakan perpanjangan dari intranet yang memungkinkan komunikasi yang aman bagi pengguna di luar intranet (mitra misalnya bisnis, pelanggan).
Secara tidak resmi, Internet adalah set pengguna, perusahaan, dan penyedia konten yang saling berhubungan dengan Internet Service Provider (ISP). Dari sudut pandang teknik, Internet adalah himpunan subnet, dan agregat dari subnet, yang berbagi ruang alamat IP dan pertukaran informasi tentang reachability terdaftar dari alamat IP tersebut dengan menggunakan Border Gateway Protocol. Biasanya, nama-nama terbaca-manusia server dijabarkan ke alamat IP, transparan kepada pengguna, melalui fungsi direktori dari Domain Name System (DNS).
Melalui Internet, bisa ada business-to-business (B2B), business-to-consumer (B2C) dan (C2C) komunikasi konsumen ke konsumen. Ketika uang atau informasi sensitif dipertukarkan, komunikasi cenderung untuk dilindungi oleh beberapa bentuk mekanisme keamanan komunikasi. Intranet dan extranet dapat dengan aman ditumpangkan ke Internet, tanpa akses oleh pengguna internet umum dan administrator, menggunakan teknologi yang aman Virtual Private Network (VPN).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penjadwalan dan durasi aktif relay dengan setting melalui tombol berbasis arduino

Untuk mengatur jadwalnya, pada contoh ini menggunakan 3 tombol yaitu set, up dan down. adapun komponen yang digunakan adalah : Arduino un...